Jakarta, CNN Indonesia

Iconnet, layanan internet fixed broadband dari PLN Icon Plus, bakal menjadi provider penyedia internet di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

PLN Icon Plus merupakan anak usaha PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah menunjuk Iconnet dan Telkom sebagai penyedia jaringan internet di sana.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ari menjelaskan, pemasangan kabel optik di IKN dilakukan melalui teknologi terowongan multi utilitas atau multi utility tunnel (MUT).

Adapun MUT mengakomodir tiga hal, yakni saluran drainase jalan, pipa air minum, serta jaringan kabel listrik dan internet yang ditempatkan di kompartemen terpisah.

“Pengguna MUT sudah ditunjuk, tidak bisa banyak. Hanya dua, Iconnet dan Telkom,” kata Ari dalam acara media gathering di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/12).

Ia juga mengatakan, PLN grup melihat IKNĀ sebagai kota masa depan. Oleh karena itu, ibu kota baru itu harus identik dengan smart, green, dan beauty.

Oleh karena itu, Ari menyebut, pihaknya akan membangun internet di IKN dengan fiber optik yang tersambung dengan sistem kelistrikan.

Tak hanya itu, pembangunan fiber optik tersebut juga bakal dikombinasikan dengan teknologi wireless wifi.

“Kalau kita bicara IKN itu konsep idealnya Indonesia. Maka semua teknologi dan konsep harus terbaik. Baik kelistrikan, telekomunikasi, digital harus hadir di IKN,” jelas Ari.




Ilustrasi. Pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah menunjuk Iconnet dan Telkom sebagai penyedia jaringan internet di sana. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Terpisah, Tenaga Ahli Komunikasi OIKN Troy Pantouw mengatakan, konsep smart and sustainable forest city yang ditargetkan hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal memadukan beragam Internet of Things (IoT) dengan hutan yang terproteksi.

“Tempatnya [IKN] sangat enak dengan hutan yang diproteksi, tetapi bisa tetap ada internet bekerja di berbagai negara,” katanya dalam acara Forum Merdeka Barat, beberapa waktu lalu.

Troy menjelaskan, pihaknya berkomitmen layanan internet di IKN bisa mengakses komunikasi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi warga.

Dengan konsep smart and sustainable forest city, ia menyebut, masyarakat bisa hidup berdampingan dengan alam pada kota berteknologi tinggi. Contohnya, flying taxi atau mobil terbang.

Di dalam pelaksanaannya nanti, kata Troy, ada proses integrasi IoT di dalam infrastruktur kota IKN untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Paling penting adalah konsep smart city yang akan melibatkan pemangku kepentingan. Inisiatif kunci yang kita lakukan adalah digital library, digital classroom untuk mengintegrasikan pendidikan terpadu,” tuturnya.

(mrh/asr)

[Gambas:Video CNN]





Source link