Jakarta, CNBC Indonesia – Jerman menjadi juara piala dunia U-17 2023 setelah berhasil menekuk Prancis lewat adu penalti. Kedua tim bertahan dengan skor 2-2 hingga babak kedua berakhir.

Gol-gol Jerman dibuat oleh Brunner di menit 29 lewat tendangan penalti dan Darvich di menit 51. Prancis berhasil memperkecil keadaan lewat gol Bouabre di menit 53 dan menyamakan kedudukan lewat sepakan Amougou di menit 85.

Final Piala Dunia U-17 2023 yang mempertemukan Jerman vs Prancis berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12/2023). Jerman tampil lebih menyerang di awal laga. Prancis sempat mencuri peluang lewat aksis Saïmon Bouabré di menit ke-18. Namun tusukannya bisa ditepis Konstantin Heide.

Kemudian giliran Jerman yang punya peluang emas. Sepakan Noah Darvich masih bisa dibendung Paul Argney. Bola liar berusaha dijangkau oleh Bilal Yalcinkaya dan Aymen Sadi. Sadi yang berusaha menyapu bola justru mengenai kaki Yalcinkaya.

Wasit langsung meninjau VAR untuk situasi ini. Titik putih ditunjuk untuk Jerman. Paris Brunner yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah tengah mengecoh Argney pada menit ke-29. Hingga turun minum, Jerman unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim saling berganti serangan. Prancis terus menekan untuk menyamakan kedudukan. Namun petaka justru muncul di menit 51 Jerman yang melakukan serangan balik cepat berhasil memperbesar skor menjadi 2-0. Umpan dari sisi kanan tidak disia-siakan Darvich yang tidak terkawal untuk menceploskan bola ke gawang Prancis.

Prancis hanya butuh 2 menit untuk memperkecil keadaan. Di menit 53, Bouabre berhasil memperkecil skor jadi 1-2. Aksi individu Bouabre diakhiri tendangan keras dari luar kotak penalti yang menggetarkan gawang Jerman.

Di menit 69, Jerman harus bermain dengan 10 pemain setelah Winners Osawe harus dikartu merah setelah melakukan tekel ke Bouneb.

Prancis akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 2-2 lewat gol Mathis Amougou di menit ke 85. Tusukan Tidiam Gomis di sisi kanan dilanjutkan dengan umpan mendatar yang disambar Mathis Amougou ke gawang Heide. Hingga babak kedua berakhir, skor bertahan 2-2 dan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Di babak adu penalti, Jerman berhasil unggul dengan skor 4-3. Jerman pun menjadi juara Piala Dunia U-17 2023 untuk pertama kalinya. 

Susunan Pemain

Jerman: Konstantin Heide, Maximilian Hennig, David Odogu, Finn Jeltsch, Fayssal Harchaoui, Noah Darvich, Winners Osawe, Paris Brunner, Max Moerstedt, Eric da Silva Moreira, Bilal Yalcinkaya

Prancis: Paul Argney, Yvann Titi, Bastien Meupiyou Menadjou, Joachim Kayi Sanda ,Aymen Sadi, Saïmon Bouabré, Ismail Bouneb, Fodé Sylla, Mathis Amougou, Mathis Lambourde, Tidiam Gomis

[Gambas:Video CNBC]

(wur/wur)




Source link