Jembatan menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan banyak pihak. Menghubungkan jalan dan mempermudah bagi para pejalan kaki hingga pengendara. Tak heran, jika jembatan dibuat sefungsional mungkin. Tapi tak jarang dengan desain yang unik, seperti Jembatan Veluwemeer yang ada di Belanda ini.

Jika dilihat dari ketinggian, kamu akan melihat ruas jalan yang tampak seolah membelah lautan. Bukan saja penampilannya yang unik, posisi hingga fungsinya pun begitu unik. Jembatan ini juga bisa menjadi tempat rekreasi untuk orang-orang yang berada di sekitar sana.

Jembatan Veluwemeer Punya Arsitektur Unik

Jembatan bernama Veluwemeer Aqueduct ini berada di Harderwijk, Belanda Timur. Jika biasanya jembatan menghubungkan dua daratan di atas perairan, berbeda dengan Jembatan Veluwemeer. Jembatan ini menghubungkan Sungai Ijssel dan Danau Veluwemeer. Di bawahnya, terdapat terowongan bawah air yang menghubungkan Kota Harderwijk ke Flevoland dan sebaliknya.

Foto via MAT Foundry Group

Jembatan ini memiliki panjang 25 meter dengan lebar 19 meter. Jembatan air ini hanya memiliki kedalaman 3 meter saja. Di samping-sampingnya dilengkapi tiang pancang baja, bertujuan untuk mencegah air di jembatan tidak tumpah ke terowongan di bawahnya.

Ada Terowongan Bawah Air di Bawahnya

Di bawah Jembatan Veluwemeer terdapat terowongan bawah air sepanjang 17 meter yang berada di permukaan air. Di bagian kanan kiri terowongan ini, ada perlintasan untuk pejalan kaki dan pesepeda. Dilengkapi dengan pagar pembatas untuk keamanan mereka saat melintas.

Jembatan Veluwemeer
Foto via Kompas

Jembatan unik dan terowongan bawah air ini, dibangun sebagai solusi lalu lintas kendaraan darat dan air. Meski menelan biaya sekitar USD61 juta, pengeluaran tersebut dianggap lebih murah dibandingkan membuat Jembatan gantung untuk kendaraan darat.

Jadi Salah Satu Ikon Belanda

Jembatan ini juga merupakan salah satu ikon Belanda sejak dibuka untuk umum pada tahun 2002 lalu. Menjadi jalur air di atas untuk dilewati kapal kecil dan transportasi air lainnya, sedangkan jalur darat di bawah yang merupakan terowongan jalan raya untuk dilintasi rata-rata 8 ribu kendaraan per hari.

Veluwemeer Aqueduct
Foto via YouTube

Danau Veluwemeer juga menjadi tempat rekreasi penduduk setempat dan berfungsi sebagai cagar alam budaya bagi sejumlah fauna. Flevoland, yang dihubungkan oleh terowongan bawah air, merupakan pulau buatan dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Tak heran jika jembatan unik ini juga bisa menjadi tempat berwisata.

Wah, unik banget ya. Selain menjadi jalur penghubung dua perairan, jembatan ini di Belanda ini juga bisa menjadi tempat rekreasi untuk penduduk setempat.

Advertisement

Tags

jembatan unik

Jembatan Veluwemeer

Veluwemeer Aqueduct



Source link