Jakarta

Penderita diabetes harus memilih makanan dengan tepat agar gula darah tetap stabil. Beberapa jenis sayuran ini cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Salah satu kunci hidup sehat dan umur panjang adalah konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Termasuk konsumsi sayuran sesuai kebutuhan harian.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), wanita membutuhkan 2 hingga 3 cangkir sayuran sehari dan laki-laki membutuhkan 3 hingga 4 cangkir sehari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika kamu seorang penderita diabetes, mengutip Eating Well, mengonsumsi banyak sayuran kaya nutrisi dan berserat tinggi dapat membantu mengelola kadar gula darah dalam jangka panjang.

Selain itu, sayur juga termasuk dalam makanan yang baik untuk menurunkan berat badan agar terhindar dari risiko obesitas, yang termasuk salah satu faktor penyebab diabetes tipe-2.

Berikut ini sejumlah sayuran yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

1. Bayam

Melansir Healthline, jenis sayur-sayuran hijau terutama bayam, dapat dipilih sebagai sumber serat rendah karbohidrat bagi pasien diabetes.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, seporsi bayam mentah hanya mengandung 1 gram karbohidrat. Selain rendah karbohidrat, bayam juga kaya vitamin sehingga cocok sebagai pelengkap pada menu diet pasien diabetes.

Kamu dapat meracik beberapa ikan sayur bayam dalam semangkuk salad, atau dapat juga diolah menjadi sayur berkuah. Kamu juga dapat menambahkan beberapa helai daun bayam ke dalam adonan telur dadar saat sarapan.

2. Wortel

Wortel bids mengenyangkan dan berserat tinggi untuk penderita diabetes. Foto: Getty Images/iStockphoto

Serat dalam sayuran membantu kita merasa kenyang. Ahli diet Jill Weisenberger merekomendasikan wortel sebagai sayuran yang mengenyangkan dan berserat tinggi untuk penderita diabetes.

Wortel juga kaya akan vitamin A, yang membantu kekebalan dan kesehatan mata.

3. Tomat

Group of young gardeners picking tomatoes in greenhouse. Crate full of juicy tomatoes in focusKonsumsi tomat juga kaya antioksidan yang bisa membantu penderita diabetes. Foto: Getty Images/hobo_018

Penelitian mengungkap satu buah tomat utuh berukuran sedang mengandung 5 gram karbohidrat. Tomat juga dikenal sebagai sayur yang kaya dengan zat antioksidan, seperti vitamin C dan likopen, yang memberi warna merah pada tomat.

Selain kerap dijumpai dalam menu berkuah, tomat juga cocok sebagai pelengkap salad buah dan sayur agar terlihat lebih berwarna.

Caranya mudah, kamu tinggal memotong kecil tomat lalu dicampurkan ke dalam racikan salad. Kamu juga dapat menyajikan tomat bersama sayuran lain dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit.

Daftar sayuran terbaik untuk penderita diabetes ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji
[Gambas:Video 20detik]



Source link