spot_img
Monday, December 5, 2022
More
    HomeBlockchainSimak Berikut Jenis-Jenis Crypto Wallet Yang Dapat Kamu Ketahui!

    Simak Berikut Jenis-Jenis Crypto Wallet Yang Dapat Kamu Ketahui!

    -

    Dompet Cryptocurrency (Crypto wallet) digunakan untuk berinteraksi dengan jaringan Blockchain. Berdasarkan fungsinya , mereka dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai dompet dingin atau panas (cold wallet & hot wallet). Pada kenyataannya, Crypto wallet tidak menyimpan mata uang, tetapi ia bertindak sebagai alat interaksi dengan Blockchain, yaitu menghasilkan informasi yang diperlukan untuk menerima dan mengirim uang melalui transaksi Blockchain.

    Crypto wallet juga merupakan kombinasi dari alamat publik dan kunci pribadi (public dan private key). Wallet dapat dikategorikan berdasarkan metode dan lokasi penyimpanan sebagai berikut:

    1. Dompet Dingin ( Cold wallet )

    Dompet dingin merupakan perangkat keras dimana tempat kamu dapat menyimpan private key mu. Dompet dingin tidak terhubung ke internet, dan kamu dapat menghubungkannya ke perangkat komputer menggunakan kabel data atau melalui bluetooth. Dompet perangkat keras kurang rentan terhadap virus atau peretas, dan pencurian kripto dari dompet ini jarang terjadi.

    2. Dompet Panas ( Hot wallet )

    Istilah “panas” mengacu pada fakta bahwa private key disimpan secara online setiap saat. Meskipun hal ini membuat private key mu lebih mudah diakses disaat kamu ingin melakukan transaksi. Dompet web ini merupakan layanan online yang dapat kamu gunakan untuk berinteraksi dari hampir semua perangkat, mirip dengan cara saat kamu akan mengakses email.

    3. Dompet Kertas ( Paper wallet )

    Dompet kertas pada dasarnya adalah termasuk jenis dompet dingin yang kasar. Dompet kertas melibatkan pencetakan kunci pribadi pada selembar kertas menggunakan program key generator .

    Meskipun relatif mudah untuk menyimpan kunci pribadi ke kriptomu dengan cara ini, saat mencoba membelanjakan atau memperdagangkan uang kripto itu bisa jadi rumit. Sebagian besar pertukaran Crypto tidak mendukung dompet kertas.

    Dompet kertas juga rentan terhadap pencurian dan terkadang terjadinya kesalahan kecil karena dicatat secara manual oleh manusia. Perlu diingat Jika kamu kehilangan kunci pribadi, melupakannya, salah menaruhnya, atau jika kunci tersebut dicuri, kamu tidak dapat mengakses kripto dan akan kehilangan semua aset mu.

    4. Dompet Kustodian ( Custodian wallet )

    Beberapa aplikasi dan platform investasi, seperti Crypto exchange, memungkinkan kamu untuk dapat membeli, menjual, dan menyimpan uang kripto menggunakan dompet yang disematkan atau dihosting, artinya dompet tersebut disimpan dalam suatu platform. Dompet ini bersifat “penahanan”, karena layanan atau pertukaran benar-benar memegang kunci pribadi untuk kripto, juga yang mengontrol aset kamu.

    Keuntungan dari dompet kustodian adalah memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi dengan mulus dari layanan atau pertukaran yang kamu gunakan. Kelemahannya adalah kamu tidak memiliki kendali penuh atas asetmu , dan ada beberapa kasus di mana pertukaran dapat diretas.

    Secara umum, hal sebaiknya dilakukan adalah tidak menyimpan uang kripto dalam jumlah besar di bursa online. Kamu dapat memindahkannya ke bursa saat kamu ingin mengirim atau menjualnya, tetapi jika tidak, kamu dapat menyimpannya di cold storage.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts