spot_img
Friday, October 7, 2022
More
    HomeBitcoinSiapakah Pencipta Bitcoin Pertama Kali?

    Siapakah Pencipta Bitcoin Pertama Kali?

    -

    Seperti yang kita ketahui bahwa Bitcoin merupakan mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada Januari tahun 2009. Bitcoin menawarkan fasilitas biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online pada umumnya, dan tidak seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah, Bitcoin dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi.

    Untuk benar-benar memahami cara kerja Bitcoin, ada baiknya kamu untuk memahaminya dari awal. Siapa yang menciptakan Bitcoin pertama kali adalah pertanyaan yang menarik, karena meskipun satu dekade setelah penemuan teknologi ini, dan meskipun banyak jurnalis dan anggota komunitas kripto berusaha menggali infromasi, penciptanya tetap anonim.

    Namun sekarang telah diketahui siapa penciptanya, dimana prinsip-prinsip di balik Bitcoin pertama kali muncul dalam buku putih yang diterbitkan secara online pada akhir 2008 oleh seseorang atau kelompok bernama Satoshi Nakamoto.

    SIAPAKAH PENCIPTA BITCOIN PERTAMA KALI?

    Ketika Bitcoin pertama kali muncul, itu menandakan adanya kemajuan besar dalam ilmu komputer, karena memecahkan masalah mendasar perdagangan di internet seperti: bagaimana kamu dapat mentransfer nilai mata uang antara dua orang tanpa perantara terpercaya (seperti bank)? Dengan memecahkan masalah itu, penemuan Bitcoin memiliki konsekuensi luas: Sebagai mata uang yang dirancang untuk internet, memungkinkan transaksi keuangan yang melintasi perbatasan dan di seluruh dunia tanpa keterlibatan bank, perusahaan kartu kredit, pemberi pinjaman, atau bahkan pemerintah. Singkatnya, Bitcoin dijelaskan seperti, ketika dua orang (di mana pun mereka berada) dapat mengirim pembayaran satu sama lain tanpa harus terlibat perantara keuangan yang legal, dan hal itu menciptakan potensi sistem keuangan terbuka yang lebih efisien, lebih bebas, dan lebih inovatif.

    Sebenarnya, hal ini bukanlah ide pertama untuk menggambarkan uang digital di bidang kriptografi dan ilmu komputer, justru makalah ini mengacu pada konsep dimana ditemukan solusi elegan yang unik untuk masalah membangun kepercayaan antara entitas online yang berbeda, di mana nama seseorang mungkin disembunyikan (seperti pencipta Bitcoin sendiri) dengan nama samaran yang biasa disebut anonim.

    Nakamoto merancang sepasang konsep yang saling terkait yakni: kunci pribadi Bitcoin dan buku besar Blockchain. Saat kamu memegang Bitcoin, kamu bisa mengontrolnya melalui kunci pribadi mu, atau sama saja dengan istilah Password, serangkaian angka dan huruf acak yang membuka brankas virtual yang berisi pembelian mu. Setiap kunci pribadi dapat dilacak pada buku besar virtual yang disebut Blockchain.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts