spot_img
Wednesday, October 5, 2022
More
    HomeBitcoinMengapa Bitcoin Dapat Dikategorikan Sebagai Jenis Mata Uang Baru?

    Mengapa Bitcoin Dapat Dikategorikan Sebagai Jenis Mata Uang Baru?

    -

    Bitcoin (BTC) sering juga disebut sebagai mata uang digital dan sebagai alternatif pembayaran dari uang kertas yang dikendalikan oleh bank sentral. Namun, belakangan ini Bitcoin dianggap lebih berharga karena dikeluarkan oleh otoritas moneter dan banyak digunakan dalam perekonomian.

    1. Alasan pertama Bitcoin dikategorikan sebagai mata uang baru adalah karena bersifat global. Kamu dapat mengirimkannya ke seluruh dunia semudah ketika kamu membayar dengan uang tunai di dunia nyata. Layanan ini tidak ditutup pada akhir pekan, tidak membebankan biaya untuk mengakses uang penggunanya, dan tidak memaksakan batasan sewenang-wenang.
    2. Alasan kedua adalah Bitcoin tidak dapat diubah. Bitcoin seperti uang tunai, dalam arti transaksi tidak dapat dibatalkan oleh pengirim. Sebagai perbandingan, kartu kredit, yakni sistem pembayaran online konvensional, dan transaksi perbankan dapat dibatalkan setelah pembayaran dilakukan, bahkan terkadang berbulan-bulan setelah transaksi awal dikarenakan transaksi dilakukan melalui perantara. Hal ini menimbulkan resiko penipuan yang lebih tinggi bagi pengguna, dimana dapat menyebabkan biaya yang lebih tinggi untuk menggunakan kartu kredit.
    3. Ketiga yakni Bitcoin bersifat pribadi. Saat membayar dengan Bitcoin, kamu tidak memerlukan laporan bank, atau kebutuhan apa pun untuk memberikan informasi pribadi yang tidak perlu. Transaksi Bitcoin tidak menyuruhmu untuk memberikan informasi personal apa pun selain alamat dan jumlah Bitcoin yang terlibat.
    4. Keempat dikarenakan Bitcoin aman. Selama lebih dari sepuluh tahun keberadaannya, jaringan Bitcoin tidak pernah berhasil diretas. Karena sifat kriptografi dari jaringan Bitcoin, pembayaran Bitcoin pada dasarnya lebih aman daripada transaksi kartu debit/kredit standar. Saat melakukan pembayaran Bitcoin, tidak ada informasi sensitif yang diperlukan untuk dikirim melalui internet. Resiko penipuan yang dimiliki nya pun sangat rendah.
    5. Terakhir, Bitcoin bersifat terbuka. Setiap transaksi di jaringan Bitcoin dipublikasikan secara publik, tanpa kecuali. Ini berarti kecil kemungkinannya untuk tansaksi Bitcoin bisa ataupun mengubah pasokan Bitcoinnya. Software yang merupakan inti dari Bitcoin pun gratis dan open-source sehingga siapa pun dapat meninjau kodenya.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts