spot_img
Thursday, December 1, 2022
More
    HomeCryptocurrencyIni Dia Alasan Mengapa Investor Dan Pedagang Menggunakan Stablecoin!

    Ini Dia Alasan Mengapa Investor Dan Pedagang Menggunakan Stablecoin!

    -

    Stablecoin adalah jenis koin kripto lebih baru yang telah mendapatkan popularitas karena bertujuan untuk mengatasi masalah volatilitas mata uang kripto.

    Koin ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 dengan Tether sebagai salah satu jenisnya. Pada tahun 2021 telah masuk daftar Stablecoin yakni DAI, USD Coin, True USD, Digix Gold, Havven’s Nomin, Paxos Standard, dan Binance USD.

    Nama lainnya, Basecoin, diperkenalkan pada 2018 dan kemudian berganti nama menjadi Basis, namun ditutup pada akhir tahun itu setelah intervensi Komisi Sekuritas dan Bursa.

    Munculnya Stablecoin berdampak bagus untuk perdagangan, terutama karena perdagangan Crypto terjadi sepanjang waktu selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, karena investor dapat langsung berinvestasi dan tidur nyenyak, tanpa khawatir bagaimana portofolio Crypto mereka bergerak dalam semalam. Menjadi lebih mudah juga untuk memindahkan uang keluar-masuk dan antara pertukaran Crypto dengan Stablecoin, tanpa menunggu prosedur perbankan yang lama dan membosankan.

    Stablecoin juga memudahkan investor untuk memegang sebagian dari portofolio kripto merek, seperti uang tunai, sedemikian rupa sehingga mereka dapat dengan mudah membeli koin apa pun pada saat itu juga tanpa bergantung pada server bank mereka, yang diketahui tidak tersedia dari waktu ke waktu karena ‘pemeliharaan’.

    Karena Crypto adalah pasar yang bebas, mendorong munculnya Stablecoin yang bersaing dan berfungsi dengan cara yang berbeda tetapi memenuhi kebutuhan dasar yang sama/stabil dalam nilai. Itu berarti $100 dalam Cryptocurrency itu akan tetap bernilai jumlah yang sama di kemudian hari, hari berikutnya, atau bulan depan. Karena faktanya, Stablecoin yang nilainya naik atau turun akan dihitung sebagai kegagalan.

    Karena sistem keuangan saat ini, Stablecoin yang paling banyak digunakan adalah yang ‘memasak’ nilainya terhadap dolar Amerika Serikat. Namun, terdapat pula banyak Stablecoin yang dipatok ke mata uang fiat lainnya, seperti Euro, GBP, SDR IMF, komoditas seperti emas, atau bahkan ke mata uang kripto lainnya, seperti contoh yang diketahui adalah Wrapped Bitcoin.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts