spot_img
Friday, December 2, 2022
More
    HomeCryptocurrencyCryptocurrency Sosial

    Cryptocurrency Sosial

    -

    Cryptocurrency sosial pribadi telah membuktikan bahwa masihlah layak untuk mengeluarkan dan membuat Cryptocurrency untuk tujuan sosial tertentu. Namun, hal ini akan lebih relevan jika para lembaga nasional mengeluarkan Cryptocurrency baru ini untuk proyek sosial guna memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Cryptocurrency kemudian menjadi mata uang terenkripsi digital yang didukung oleh platform buku besar publik terbuka bernama Blockchain.

    Tujuan dari hal ini adalah untuk mengeksplorasi peluang dalam menciptakan Cryptocurrency sosial. Fenomena Cryptocurrency menjadi pusat dari sebagian besar inovasi sosial-ekonomi dan perusahaan yang dikembangkan melalui teknologi Blockchain. Terdapat juga upaya yang muncul untuk menciptakan Cryptocurrency pemerintah dan swasta. Contohnya seperti belakangan ini beberapa perusahaan kooperatif dan kolaboratif melakukan upaya untuk menciptakan Cryptocurrency mereka sendiri.

    Cryptocurrency sosial ini dapat berupa koin atau format token mereka. Tokenisasi merupakan salah satu aspek teknologi dari Blockchain yang memungkinkan untuk dapat mentransfer nilai yang efektif di Internet. Fuiditas dan likuiditas yang diciptakan oleh konsep ini membantu menghubungkan produk dan layanan tanpa adanya hambatan seperti pembatasan lokasi dan kompatibilitas. Tokenisasi ini akan memberdayakan beberapa bisnis sektor swasta untuk mengeluarkan token mereka sebagai bagian integral dari operasi platform ini.

    Di sisi lain, keuangan sosial juga telah melihat kemunculan dari koin sosial. Beberapa proyek mata uang digital sudah memulai untuk menciptakan “koin amal” mereka sendiri untuk mendukung lembaga nonprofit atau pekerjaan amal tertentu. Terdapat satu jenis  koin, yakni “Koin Air Bersih” yang secara eksplisit dibuat untuk membantu mendanai pekerjaan organisasi nirlaba Charity: Water. Inisiatif hal ini memungkinkan masyarakat berpartisipasi untuk membantu dalam tujuan sosial misalnya, menyediakan air bersih.

    Membuat Cryptocurrency sosial di tingkat nasional pun juga dapat dilakukan melalui lembaga (seperti bank sentral). Oleh karena itu, lembaga akan mengeluarkan Cryptocurrency dengan mengelola kebijakan moneter dan stabilitas keuangan. Beberapa bank sentral sudah mulai mempertimbangkan untuk mengeluarkan Cryptocurrency mereka yang dinamai oleh Bank for International Settlements (2018) mata uang digital bank sentral (CBDC). Ide ini bukan merupakan ide yang orisinal karena menurut James Tobin pada tahun 1985, telah menyebutkan banyak tren yang akan memotivasi bank sentral untuk menerbitkan CBDC (Cryptocurrency bank sentral/cryptocurrency nasional) mereka sendiri.

     

    By, Annisa Lesmana

     

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts