spot_img
Thursday, October 6, 2022
More
    HomeBitcoinBitcoin, Termasuk Ke Dalam Jenis Aset Apa? Berikut Penjelasannya!

    Bitcoin, Termasuk Ke Dalam Jenis Aset Apa? Berikut Penjelasannya!

    -

    Emas telah lama dianggap sebagai aset safe-haven karena harganya yang cenderung naik seiring dengan jatuhnya saham, atau setidaknya tetap sama dengan pergerakkannya. Sejak Bitcoin diluncurkan pada tahun 2009, ada banyak perbandingan antara kedua aset tersebut. Terdapat beberapa orang yang menyebut Bitcoin sebagai “emas digital” karena Bitcoin juga tampaknya tidak berkorelasi langsung dengan kinerja saham. Keduanya juga tidak dikeluarkan oleh pemerintah federal atau bank sentral, dan memiliki persediaan terbatas. Pencipta Bitcoin memastikan hanya 21 juta koin yang dapat di peroleh dengan proses mining, dan begitu juga dengan emas yang persediannya terbatas dari apa dapat digali di tanah.

    Setiap kali aset yang naik saat saham sedang jatuh, berguna bagi para investor karena dapat mendiversifikasi portofolio mereka. Tapi akhir-akhir ini, Bitcoin membuktikan bahwa hal itu bukanlah cara yang aman seperti yang telah dilakukan oleh banyak orang. Contohnya adalah ketika pasar anjlok pada bulan Maret dikarenakan COVID-19 yang melanda seluruh dunia, nilai Bitcoin pun juga ikut terkena dampaknya.

    Umumnya, korelasi antara Bitcoin dan saham cukup rendah, tetapi korelasi itu cenderung meningkat selama “masa-masa sulit,” seperti yang dikutip oleh Nick Maggiulli, Chief Operating Officer di Ritholtz Wealth Management. Ia mengatakan bahwa “Ketika segalanya tidak gila, itu adalah diversifikasi yang bagus, Ketika segalanya menjadi sangat gila, itu tidak terjadi.”

    Jadi meskipun mungkin kamu akan tertarik untuk berinvestasi di Bitcoin, jangan melihatnya sebagai semacam ramuan ajaib yang akan membuat mu kaya dengan cepat, tetapi jadikanlah sebagai pilihan untuk sebagian kecil dari portofolio kamu yakni 5% untuk diinvestasikan, menurut beberapa ahli. (Maggiulli merekomendasikan tidak lebih dari 2%.)

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts