spot_img
Saturday, November 26, 2022
More
    HomeAltcoinBerikut Kategori Umum Crypto Yang Dapat Kamu Ketahui!

    Berikut Kategori Umum Crypto Yang Dapat Kamu Ketahui!

    -

    Cryptocurrency memiliki rekam jejak yang berkembang dalam memegang dan meningkatkan nilainya dari waktu ke waktu. Mata uang digital ini dirancang untuk berfungsi sebagai alat tukar.

    Berbagai jenis kripto umumnya terdapat dalam dua kategori yakni :

    • Koin, yang dapat mencakup Bitcoin dan Altcoin (mata uang kripto non-Bitcoin)
    • Token, yang merupakan aset yang dapat diprogram terdapat di dalam Blockchain dari platform tertentu.

    Meskipun banyak orang menggunakan kata kripto, koin, dan token secara bergantian, penting untuk memahami perbedaannya satu sama lain agar kamu mendapatkan pemahaman dasar tentang kripto.

    Koin kripto biasanya berfungsi sebagai koin asli dari Blockchain, yang digunakan untuk memperdagangkan menyimpan nilai mata uang seperti biasa . Token sangat mirip dengan koin, atau setidaknya memiliki fungsi yang serupa.

    Koin dan token dianggap sebagai bentuk Cryptocurrency, namun mereka menyediakan fungsi yang berbeda. Koin dibangun di atas Blockchain mereka sendiri dan dimaksudkan sebagai bentuk mata uang. Contohnya seperti Ether (ETH) yang merupakan Cryptocurrency berdasarkan Blockchain Ethereum.

    Umumnya, setiap Cryptocurrency berbasis Blockchain yang bukan Bitcoin disebut sebagai Altcoin.

    Token juga dibangun di atas Blockchain, tetapi mereka tidak dianggap sebagai mata uang, melainkan aset yang dapat di program, memungkinkan pembuatan dan pelaksanaan kontrak pintar yang unik. Kontrak ini dapat menetapkan kepemilikan aset di luar jaringan Blockchain.

    Sebagai contoh Etherum yang merupakan Blockchain, koinnya adalah Eter. Sebagian besar token saat ini dibuat di Blockchain Ethereum, Ethereum menggunakan Ether sebagai mata uang aslinya, tetapi token lain seperti BAT (Basic Attention Token) dan Loopring ada di Blockchain Ethereum. Mereka melakukan ini karena tim pengembangnya (biasanya jumlahnya lebih kecil) dapat memungkinkan Ethereum untuk memberikan semua keselamatan dan keamanan pengguna sementara tim yang bekerja di belakang token hanya berfokus pada pembuatan token agar memiliki fitur bagus. Blockchain Ethereum menyebut tokennya dengan sebutan token ERC20.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts