spot_img
Monday, November 28, 2022
More
    HomeMarketBerikut Jenis-Jenis Cryptocurrency Yang Dapat Kamu Ketahui!

    Berikut Jenis-Jenis Cryptocurrency Yang Dapat Kamu Ketahui!

    -

    Cryptocurrency saat telah menjadi perbincangan umum di sebagian besar percakapan terkait keuangan, Cryptocurrency telah dianggap sebagai cara pembayaran alternatif untuk mata uang fiat. “Kripto” dalam Cryptocurrency mengacu pada kriptografi rumit yang memungkinkan pembuatan dan pemrosesan mata uang digital dan transaksinya di seluruh sistem terdesentralisasi.

    Cryptocurrency memiliki jenis mata koin yang berbeda dengan karakteristik nya tersendiri pada masing-masing koin. Berikut jenis-jenis mata uang kripto yang dapat kamu ketahui :

    1. Bitcoin (BTC)

    Sebagai pertanda era Cryptocurrency dan merupakan koin kripto pertama di dunia, Bitcoin masih menjadi koin yang umumnya di notice orang ketika mereka berbicara tentang mata uang digital. mata uang ini debut pada tahun 2009 dan telah mengalami kenaikan dan penurunan sejak saat itu. Namun, baru pada tahun 2017 Cryptocurrency mulai popular dikalangan masyarakat.

    2. Ethereum (ETH)

    Ethereum adalah nama kedua yang paling mungkin kamu kenali dalam Cryptocurrency. Sistem mata uang yang satu ini ini memungkinkan menggunakannya untuk melakukan sejumlah fungsi, tetapi aspek kontrak cerdas pada Ethereum membantu menjadikannya mata uang yang populer.

    3. Binance Coin (BNB)

    Binance Coin adalah mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Meskipun awalnya dibuat sebagai token untuk membayar trading yang didiskon, Binance Coin sekarang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran serta pembelian berbagai barang dan jasa.

    4. Tether (USDT)

    Harga Tether bernilai pada $1 per koin. Karena itulah Tether disebut Stablecoin. Stablecoin terikat dengan nilai aset tertentu dalam kasusnya pada Dolar Amerika Serikat. Namun, beberapa orang khawatir bahwa Tether tidak didukung dengan aman sebagai cadangan oleh dolar, melainkan digunakan sebagai bentuk utang tanpa jaminan jangka pendek.

    5. Solana (SOL)

    Koin ini diluncurkan pada Maret 2020, Solana adalah mata uang terbaru dan mendapat pujian pada kecepatannya dalam menyelesaikan transaksi dan kekokohan keseluruhan platform “skala web”. Penerbitan mata uang ini, yang disebut SOL, dibatasi pada 480 juta koin.

    6. Cardano (ADA)

    Cardano adalah platform Cryptocurrency yang terdapat di belakang ADA (nama mata uang). Koin ini dibuat oleh salah satu pendiri Ethereum membuat Cardano juga menggunakan kontrak pintar, sehingga memungkinkan manajemen identitas.

    7. Koin USD (USDC)

    Sama seperti Tether, USD Coin adalah Stablecoin yang dipatok terhadap dolar, artinya nilainya tidak boleh berfluktuasi (berubah). Pendiri mata uang ini mengatakan bahwa hal itu didukung oleh aset yang memiliki “nilai wajar yang setara” dan aset tersebut disimpan dalam rekening lembaga Amerika Serikat yang diatur lebih lanjut.

    8. XRP (XRP)

    Sebelumnya XRP dikenal sebagai Ripple dan dibuat pada tahun 2012, XRP menawarkan cara pembayaran dalam berbagai macam mata uang nyata di dunia yang berbeda. Ripple dapat berguna dalam transaksi lintas batas dan menggunakan mekanisme trustless untuk memfasilitasi pembayarannya.

    9. Polkadot (DOT)

    Diluncurkan pada Mei 2020, Polkadot adalah mata uang digital yang menghubungkan teknologi Blockchain dari berbagai Cryptocurrency. Salah satu pendiri Ethereum juga merupakan salah satu penemu Polkadot, dan beberapa pengamat industri percaya bahwa Polkadot ingin melengserkan Ethereum.

    10. Terra (LUNA)

    Menggunakan mata uangnya “Luna”, Terra adalah platform yang membantu mendukung berbagai Stablecoin berdasarkan mata uang nyata seperti dolar atau euro. Terra membantu menstabilkan harga Stablecoin melalui berbagai cara teknis, dan juga mendukung sistem kontrak pintar.

    11. Dogecoin (DOGE)

    Awalnya mata uang ini dibuat sebagai lelucon setelah kenaikan Bitcoin, Dogecoin diambil namanya dari meme internet yang menampilkan seekor anjing Shiba Inu. Tidak seperti banyak mata uang digital yang membatasi jumlah koin yang ada, Dogecoin memiliki penerbitan tidak terbatas, dan dapat digunakan sebagai pembayaran atau pengiriman uang.

    12. Longsoran (AVAX)

    Avalanche adalah platform Blockchain berbasis kontrak pintar yang cepat dan murah yang berfokus pada pembuatan aplikasi terdesentralisasi dan memfasilitasi pembuatan Blockchain khusus. Penggunanya dapat memproses transaksi dalam token AVAX asli.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts