spot_img
Monday, December 5, 2022
More
    HomeCryptocurrencyBagaimana Cryptocurrency Dikenakan Pajak?

    Bagaimana Cryptocurrency Dikenakan Pajak?

    -

    Seluruh dunia telah menyaksikan Bitcoin dan pasar Cryptocurrency lainnya terus mencatat rekor tertinggi baru. Begitu juga dengan Internal Revenue Service (IRS) yang turut mengawasi pasar ini. Jika kamu memiliki Cryptocurrency, seperti Bitcoin atau Ethereum, kamu perlu memahami bagaimana dampaknya terhadap kewajiban pajaknya setiap kali kamu membelinya, menjualnya, atau menambangnya.

    Pajak Crypto didasarkan pada keputusan IRS 2014 yang menetapkan bahwa Cryptocurrency harus diperlakukan sebagai aset modal (seperti saham atau obligasi), bukan mata uang (seperti dolar atau euro). Keputusan ini memiliki konsekuensi besar bagi orang-orang yang memiliki kripto, karena membuka peluang mereka terhadap pajak yang lebih rumit.

    Aset modal dikenakan pajak setiap kali mereka dijual dengan keuntungan. Saat kamu akan membeli barang atau jasa dengan Cryptocurrency, dan jumlah Crypto yang kamu belanjakan telah memperoleh nilai lebih dari apa yang dibayarkan, pengeluaranmu akan dikenakan pajak Capital Gain.

    Katakanlah kamu membeli Bitcoin senilai $20 dan menahan koin tersebut saat nilainya naik menjadi $200. Jika kamu menggunakan Bitcoin untuk membeli bahan makanan senilai $200, kamu akan berutang pajak Capital Gain atas laba $180 yang kamu sadari, meskipun itu terlihat seperti kamu lebih menghabiskan Bitcoin ketimbang menjualnya. Namun untuk IRS, itu merupakan hal yang sama.

    Fakta bahwa IRS memutuskan untuk mengenakan pajak kripto sebagai aset modal mungkin karena dari cara kebanyakan orang memperlakukannya, kata Jeff Hoopes, seorang profesor di University of North Carolina dan direktur penelitian UNC Tax Center. “Saya berasumsi [IRS] memutuskan ini karena kebanyakan orang memegang kripto sebagai investasi, dan kami mengenakan pajak atas apresiasi aset modal yang dimiliki sebagai investasi,” katanya.

    Tapi keputusan IRS mungkin juga merupakan langkah pragmatis, kata Jon Feldhammer, mitra pajak di Baker Botts. “[Cryptocurrency] mulai memiliki volume perdagangan puluhan juta dolar setiap hari, dan jelas bahwa IRS kehilangan sumber pendapatan pajak yang signifikan,” katanya.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts