spot_img
Monday, November 28, 2022
More
    HomeBitcoinBagaimana Cara Kerja Bitcoin? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

    Bagaimana Cara Kerja Bitcoin? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

    -

    Bitcoin, merupakan Cryptocurrency pertama dan paling berharga. Bitcoin telah berkembang dari yang awalnya hanya sebatas eksperimen digital, menjadi salah satu aset paling diminati di keuangan global. Bitcoin dikenal sebagai BTC. Alih-alih mewakili bagian perusahaan, Bitcoin adalah unit mata uang digital yang nilainya dapat berfluktuasi (tidak tetap) secara luas. Dan hal itu tidak didukung oleh fundamental ekonomi perusahaan atau bank nasional, melainkan oleh buku besar terenkripsi dari transaksi digital yang dikelola bersama bernama Blockchain.

    Salah satu elemen terpenting Bitcoin adalah Blockchain, yang dapat melacak aktivitas penggunanya, mirip dengan bagaimana bank melacak asetnya. Apa yang membedakan Blockchain Bitcoin dari buku besar bank adalah bahwa ia terdesentralisasi, artinya siapa pun dapat melihatnya dan tidak ada satu pun entitas yang dapat mengendalikannya.

    Kembali ke pertanyaan awal seputar bagaimana cara kerja Bitcoin, Berikut adalah beberapa detail tentangnya:

    Setiap Bitcoin (simbol perdagangan “BTC,” meskipun “XBT” juga digunakan) adalah file komputer yang disimpan dalam dompet digital di komputer atau smartphone. Untuk memahami cara kerjanya, ada baiknya untuk memahami istilah-istilah ini dan sedikit konteksnya:

    • Blockchain: Bitcoin didukung oleh platform terbuka yang dikenal sebagai Blockchain, yang membuat buku besar transaksi publik bersama yang diatur dalam “blok” yang “dirantai” bersama untuk mencegah gangguan. Teknologi ini menciptakan catatan permanen dari setiap transaksi.
    • Kunci pribadi dan publik: Dompet Bitcoin berisi kunci publik dan kunci pribadi, yang bekerja bersama untuk memungkinkan pemiliknya memulai dan menandatangani transaksi secara digital dan memberikan bukti otorisasi.
    • Bitcoin ‘Mining’: Tindakan menambahkan transaksi ke Blockchain sehingga semua orang dapat menyetujui rangkaian transaksi yang sama, yang secara independen mengkonfirmasi transaksi menggunakan komputer berkecepatan tinggi, biasanya dalam 10 hingga 20 menit.

    Lalu cara kerjanya adalah dengan melalui proses ‘mining’ (penambangan) Bitcoin atau juga dengan membelinya. Kemudian Bitcoin yang diperoleh disimpan dalam buku besar publik (Blockchain) yang dapat diakses kapan saja. Pengguna dapat memiliki banyak dompet Bitcoin sebanyak mungkin sesuai kebutuhan. Untuk data pribadi, sistem Bitcoin menawarkan privasi melalui kriptografi, dan kunci pribadi diperlukan untuk mengautorisasi transaksi yang disimpan secara lokal dalam dompet pengguna.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts