spot_img
Saturday, December 3, 2022
More
    HomeCryptocurrencyApakah Saat Membeli Cryptocurrency Akan Mendapat Utang Pajak?

    Apakah Saat Membeli Cryptocurrency Akan Mendapat Utang Pajak?

    -

    Cryptocurrency adalah penyimpanan nilai dan media pertukaran digital yang terdesentralisasi. Ini bukan mata uang dengan token fisik apa pun, seperti uang dolar atau rupiah, dan tidak memiliki pengawasan pemerintah terpusat.

    Apakah kamu berhutang pajak pada Cryptocurrency tergantung pada bagaimana kamu mendapatkannya dan bagaimana kamu menggunakannya.

    • Apakah kamu menambang Cryptocurrency? Menambang Crypto atau yang biasa disebut dengan istilah “Mining” adalah saat dimana kamu menggunakan komputer untuk menyelesaikan persamaan rumit dan merekam data di Blockchain. Sebagai imbalan atas pekerjaan ini, kamu dapat menerima pembayaran dalam token kripto baru. Kamu berhutang pajak atas seluruh nilai mata uang kripto yang kamu peroleh dengan proses menambang.
    • Apakah kamu mendapatkan Crypto sebagai hadiah atau airdrop? Jika kamu menerima Cryptocurrency melalui promosi pemasaran atau airdrop, itu dianggap sebagai penghasilan kena pajak.
    • Apakah kamu menerima pembayaran untuk barang atau jasa dalam mata uang kripto? Jika seseorang membayarmu dengan Crypto untuk barang atau jasa yang diberikan, maka seluruh pembayaran akan dihitung sebagai penghasilan kena pajak, sama seperti jika mereka membayarmu secara tunai. Tidak seperti pembayaran tunai, pelanggan kamu mungkin juga berutang pajak penghasilan jika Crypto yang mereka miliki memberi mereka nilai lebih besar daripada yang mereka bayarkan.
    • Apakah kamu menjual Cryptocurrency untuk mewujudkan keuntungan investasi? Jika kamu menjual Crypto lebih dari yang kamu bayarkan, kamu berhutang pajak atas keuntungan seperti yang kamu lakukan dengan saham atau reksa dana.
    • Apakah kamu mengonversi atau menukar satu kripto dengan kripto lainnya? Saat kamu mengonversi atau menukar kripto seperti menukar Bitcoin dengan Ethereum, misalnya kamu berhutang pajak atas setiap keuntungan yang kamu peroleh dalam transaksi. Jika kamu membeli Bitcoin senilai $400 dan menggunakannya untuk membeli Ethereum senilai $1.000, kamu akan berutang pajak atas laba realisasi $600, meskipun kamu hanya menukar satu kripto dengan kripto lainnya.

    Meskipun mungkin tampak seperti banyak yang harus dilacak pada hal ini, jangan mengambil jalan pintas apa pun. “Pembayar pajak diharuskan melaporkan transaksi kripto mereka pada pengembalian pajak mereka,” kata Feldhammer. “IRS menindak hal ini.”

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts