spot_img
Monday, October 3, 2022
More
    HomeCryptocurrencyApakah Cryptocurrency Legal?

    Apakah Cryptocurrency Legal?

    -

    Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau dibelanjakan ganda. Kebanyakkan dari Cryptocurrency adalah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi Blockchain (buku besar terdistribusi) yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda.

    Mata uang fiat memperoleh otoritasnya sebagai media transaksi dari pemerintah atau otoritas moneter. Misalnya, setiap tagihan dolar didukung oleh Federal Reserve. Tetapi Cryptocurrency tidak didukung oleh entitas publik atau swasta mana pun. Oleh karena itu, sulit untuk mengajukan kasus status hukum mereka di yurisdiksi keuangan yang berbeda di seluruh dunia. Itu tidak membantu masalah bahwa Cryptocurrency sebagian besar berfungsi di luar infrastruktur keuangan yang ada.

    Status hukum Cryptocurrency memiliki implikasi untuk penggunaannya dalam transaksi dan perdagangan sehari-hari. Pada Juni 2019, Financial Action Task Force (FATF) merekomendasikan bahwa transfer kawat mata uang kripto harus tunduk pada persyaratan “Aturan Perjalanannya”, yang mewajibkan kepatuhan AML.

    Pada Desember 2021, El Salvador adalah satu-satunya negara di dunia yang mengizinkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah untuk transaksi moneter. Di seluruh dunia, peraturan Cryptocurrency bervariasi berdasarkan yurisdiksi.

    Undang-Undang Layanan Pembayaran Jepang mendefinisikan Bitcoin sebagai properti legal. Pertukaran Cryptocurrency yang beroperasi di negara tersebut tunduk pada pengumpulan informasi tentang pelanggan dan perincian yang berkaitan dengan transfer kawat. China telah melarang pertukaran dan penambangan Cryptocurrency di dalam perbatasannya. India dilaporkan sedang merumuskan kerangka kerja untuk Cryptocurrency.

    Cryptocurrency sudah legal di Uni Eropa. Derivatif dan produk lain yang menggunakan Cryptocurrency harus memenuhi syarat sebagai “instrumen keuangan.” Pada Juni 2021, Komisi Eropa merilis regulasi Markets in Crypto-Assets (MiCA) yang menetapkan perlindungan untuk regulasi dan menetapkan aturan untuk perusahaan atau vendor yang menyediakan layanan keuangan menggunakan Cryptocurrency. Di Amerika Serikat, pasar keuangan terbesar dan tercanggih di dunia, derivatif kripto seperti Bitcoin berjangka tersedia di Chicago Mercantile Exchange. Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) mengatakan bahwa Bitcoin dan Ethereum bukanlah sekuritas.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts