spot_img
Friday, December 2, 2022
More
    HomeBitcoinApakah Cryptocurrency : Bitcoin Legal Di Indonesia?

    Apakah Cryptocurrency : Bitcoin Legal Di Indonesia?

    -

    Indonesia memiliki populasi 273,5 juta masyarakat, dimana ia menduduki nominasi ke 4 dalam populasi terbanyak di dunia. Dengan jumlah penduduk yang banyak, tidak menutup kemungkinan bahwa adanya bermacam teknologi yang dapat diserap masyarakatnya. Pada tahun 2018, bank sentral Indonesia menyatakan bahwa Cryptocurrency adalah “bukan alat pembayaran yang sah”, tetapi melegalkan perdagangan Bitcoin dan Cryptocurrency sebagai komoditas pada Februari 2019.

    Badan pengatur perdagangan berjangka komoditas Indonesia Bappebti mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 4,45 juta investor Cryptocurrency di negara Indonesia, dengan 229 Cryptocurrency berbeda yang diperdagangkan secara legal di 13 platform dan bursa berlisensi. Ini jauh melebihi jumlah investor saham yang diperkirakan sekitar 2 juta.

    “Tingginya minat terhadap aset kripto didorong oleh beberapa faktor, seperti kemudahan dalam melakukan proses Know Your Customers (KYC), serta pemrosesan transaksi deposit dan penarikan yang cepat,” seperti yang dikutip oleh Oham Dunggio, ketua asosiasi Blockchain Indonesia.

    “Selain itu, pasar Crypto beroperasi 24 jam. Inilah sebabnya mengapa banyak investor muda Indonesia memilih Crypto daripada jenis investasi lainnya.”

    Bitcoin telah menghadapi berbagai tantangan regulasi dalam sejarahnya tetapi sifatnya yang terdesentralisasi berarti relatif kebal terhadap larangan.

    Bitcoin memang ditentang keras oleh beberapa negara, mengingat ketakutan akan penipuan dan ancaman terhadap lembaga keuangan tradisional. Namun beberapa negara lain pun telah menerimanya karena kemampuannya untuk melindungi nilai terhadap inflasi, mengubah layanan pengiriman uang, dan mengurangi ketergantungan pada dolar Amerika Serikat sebagai mata uang cadangan.

    Dan di bulan September 2021, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Negara Amerika Tengah juga berinvestasi dalam Cryptocurrency, dan baru-baru ini telah mengumumkan pembangunan 20 sekolah baru dari keuntungan yang diperoleh dari kenaikan harga Cryptocurrency akhir-akhir ini.

     

    By, Annisa Lesmana

     

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts