spot_img
Monday, December 5, 2022
More
    HomeAltcoinApa Itu Token Cryptocurrency? Simak Penjelasannya Di Bawah Ini!

    Apa Itu Token Cryptocurrency? Simak Penjelasannya Di Bawah Ini!

    -

    Jika kamu sering mendengar hal terkait Crypto dan Blockchain, kamu mungkin pernah bertemu kata “token Crypto.” Apa sebenarnya token ini? Faktanya, kamu mungkin mendengar Bitcoin digambarkan sebagai “token kripto” atau hal yang serupa, karena secara teknis semua aset kripto juga dapat digambarkan sebagai token. Tetapi kata itu semakin mengambil dua makna spesifik yang cukup umum dimana ada kemungkinan besar kamu dapat menemukan perbedaannya dengan mudah.

    Token biasanya dibuat dan diberikan melalui penawaran koin awal atau ICO, dan hal ini sangat mirip caranya seperti penawaran saham. Mereka dapat direpresentasikan sebagai:

    • Nilai token (seperti Bitcoin)
    • Token keamanan (yang mirip dengan saham)
    • Token utilitas (ditunjuk untuk penggunaan tertentu)

    Seperti mata uang pada umumnya , token memiliki nilai angka, tetapi meskipun begitu nilai tersebut tidaklah benar-benar berharga, jika dapat direpresentasikan dengan nilai mata uang asli, contohnya seperti dolar kertas mungkin nilainya bukan $1. Tetapi kamu tidak perlu cemas karena token nyatanya dapat digunakan dalam transaksi untuk hal-hal lain.

    Token jika dikaitkan dengan koin yang sudah ada dan terdapat dalam Blockchain seperti Bitcoin dan Ethereum, memiliki cara pembuatan yang berbeda.

    Apa fungsi dari token dan bagaimana cara kerjanya? Sebenarnya hal ini tergantung pada jenis tokennya. Beberapa token hanya ada nama saja dan memiliki nilai, contohnya seperti Dogecoin. Tetapi ada juga token platform, seperti UniSwap, yang dapat digunakan untuk menukar satu token dengan token lainnya di Ethereum.

    Dan berikut jenis token berdasarkan fungsinya :

    • Token keamanan merupakan token digital terdesentralisasi. Berfungsi untuk menjaga keamanan akunmu seperti membuktikan bahwa kamu sendiri lah yang sedang memasuki perangkat akun untuk mengakses beberapa data.
    • Token transaksional berfungsi untuk mentransfer uang, dan memiliki biaya yang rendah pada setiap transfer yang kamu lakukan
    • Token tata kelola berfungsi untuk memberikanmu pilihan suara, dan jika kamu memiliki dua token ini maka kamu akan mendapatkan dua suara yang bisa kamu pilih.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts