spot_img
Saturday, August 13, 2022
More
    HomeCryptocurrencyApa Itu Dogecoin? Simak Berikut Penjelasannya!

    Apa Itu Dogecoin? Simak Berikut Penjelasannya!

    -

    Dogecoin adalah mata uang kripto, sama hal nya seperti Bitcoin atau Ethereum, meskipun koin bertemakan hewan ini sangat berbeda dari salah satu koin popular lainnya. Dogecoin awalnya dibuat setidaknya sebagian sebagai lelucon ringan untuk para penggemar Crypto, dan mengambil namanya dari meme yang dulu populer. Terlepas dari kisah asal muasal nya yang tidak biasa ini, popularitasnya meledak pada tahun 2021, Dogecoin telah menjadi Cryptocurrency terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar.

    Insinyur perangkat lunak Billy Marcus dan Jackson Palmer menciptakan Dogecoin pada akhir 2013. Palmer mencap logo Cryptocurrency menggunakan meme yang populer pada saat itu yang menampilkan kata “Doge” yang sengaja salah eja untuk menggambarkan seekor anjing Shiba Inu.

    “Doge benar-benar mulai mengolok-olok Bitcoin,” kata Pat White, CEO Bitwave. Pada hari-hari awalnya, komunitas penggemar mengatur aksi publisitas untuk meningkatkan profil Dogecoin, misalnya seperti mengumpulkan dana untuk mengirim tim Bobsleigh Jamaika ke Olimpiade 2014, atau mensponsori pembalap NASCAR.

    Pada awal tahun 2021, Dogecoin memperoleh status kultus di papan pesan WallStreetBets Reddit—penghasut utama di balik urusan GameStop pada bulan Januari, di mana para penggemar telah berjanji untuk mendorong nilainya hingga “ke bulan” (sebelum semua diskusi tentang Crypto dilarang di subreddit ).

    Dogecoin adalah Cryptocurrency yang berjalan pada teknologi Blockchain, mirip dengan Bitcoin dan Ethereum. Blockchain adalah buku besar digital terdistribusi dan aman yang menyimpan semua transaksi yang dilakukan menggunakan mata uang digital terdesentralisasi.

    Semua pemegang membawa salinan identik dari buku besar Blockchain Dogecoin, yang sering diperbarui dengan semua transaksi baru dalam Cryptocurrency. Seperti mata uang kripto lainnya, jaringan Blockchain Dogecoin menggunakan kriptografi untuk mengamankan semua transaksi.

    Orang yang disebut penambang atau “miners” menggunakan komputer untuk memecahkan persamaan matematika yang kompleks untuk memproses transaksi dan mencatatnya di Blockchain Dogecoin, yang disebut sistem “bukti kerja”. Sebagai imbalan untuk memproses transaksi dan mendukung buku besar Blockchain, penambang mendapatkan Dogecoin tambahan, yang kemudian dapat mereka pegang atau jual di pasar terbuka.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts