spot_img
Friday, October 7, 2022
More
    HomeBlockchainApa Itu Crypto Wallet? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

    Apa Itu Crypto Wallet? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

    -

    Kenaikkan dan penurunan harga kerap terjadi, meskipun begitu Cryptocurrency akan tetap ada. Nah, untuk dapat menyimpan Cryptocurrency, kamu akan membutuhkan tempat penyimpanan karena Cryptocurrency akan terus melaju ke arus utama dan menjadi lebih terkait dengan ekonomi global. Jadi jika kamu ingin berinvestasi dalam Cryptocurrency, kamu harus memiliki Crypto wallet (dompet kripto).

    Dompet Cryptocurrency adalah aplikasi yang bisa kamu jalankan di smartphone atau komputer. Kamu juga dapat membeli perangkat fisik yang menjalankan aplikasi dompet tersebut.

    Crypto wallet pertama diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto ketika ia merilis protokol Bitcoin pada tahun 2009. Bitcoin adalah Cryptocurrency yang paling populer dan paling banyak digunakan, namun sekarang telah bermunculan jenis lainnya yang dibangun di atas teknologi Blockchain, dan salah satu dari mereka dapat disimpan di Crypto wallet. Wallet dapat menampung banyak mata uang kripto.

    Mengacu pada penyimpanan Crypto sebagai “Wallet” tidak cukup akurat, mengingat bahwa Cryptocurrency terdapat pada Blockchain. Crypto wallet berfungsi mirip seperti dompet tradisional, tetapi disini tidak menyimpan uang kertas, melainkan bukti uang digitalmu yang disimpan. Perlu diketahui bahwa Crypto wallet adalah tempat terbaik untuk menyimpan dan mengamankan bukti kepemilikan Cryptocurrencymu.

    Crypto wallet menyimpan kunci publik dan pribadi yang diperlukan untuk membeli Bitcoin atau Cryptocurrency lainnya, dan memberikan tanda tangan digital yang akan mengotorisasi setiap transaksi. Kamu harus menjaga keamanan dan mengamankan kunci pribadi kamu.

    Dompet digital ini dapat berupa perangkat, program aplikasi, situs web online, atau layanan yang ditawarkan oleh pertukaran kripto.

    Mirip dengan bentuk investasi lainnya, di mana kamu memerlukan rekening bank atau pialang dan kata sandi untuk melakukan transaksi, kamu memerlukan wallet untuk membeli, menjual, bertransaksi, dan menjaga keamanan kriptomu.

    Kamu dapat menggunakan perangkat fisik (yang disebut dengan cold wallet), ataupun perangkat lunak yang ada di komputer, ponsel, atau di cloud ( yang disebut hot wallet). Disarankan untuk kamu agar terus mempelajari tentang berbagai jenis wallet dan cara menggunakannya untuk mengoptimalkan aktivitas dan keamanan kriptomu.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts