spot_img
Monday, October 3, 2022
More
    HomeAltcoinApa Itu Altcoin? Simak Berikut Penjelasannya!

    Apa Itu Altcoin? Simak Berikut Penjelasannya!

    -

    Altcoin dapat dianggap sebagai variasi dari Bitcoin. Dengan kata lain, Altcoin dibuat untuk meningkatkan fungsionalitas atau menambahkan fitur yang tidak ada pada Bitcoin. Tetapi tidak semua Cryptocurrency diciptakan sama. Meskipun ada koin alternatif yang mungkin bermanfaat bagi investor, ada juga koin lain yang memang murni berkembang karena antusiasme dan spekulasi masyarakat.

    Nah, jadi Altcoin adalah Cryptocurrency alternatif untuk Bitcoin. Altcoin menggunakan Bitcoin sebagai tolak ukur dikarenakan Bitcoin merupakan Cryptocurrency pertama dan telah mendominasi pasar, yang menyumbang sebagian besar kapitalisasi pasar semua Cryptocurrency.

    “Sebagai Cryptocurrency pertama, Bitcoin telah menetapkan model bagaimana proyek Cryptocurrency harus beroperasi,” kata Colin Pape, pendiri Presearch, yakni mesin pencari seperti Cryptocurrency yang didukung oleh teknologi Blockchain.

    Meskipun Altcoin dan Bitcoin menggunakan teknologi Blockchain, aset digital ini dapat bervariasi dalam tujuan, fitur, dan operasinya. Ada ribuan Altcoin yang tersebar, tetapi beberapa yang paling populer adalah:

    • Ethereum.
    • Riak (XRP).
    • Litecoin (LTC).
    • Cardano (ADA).
    • Solana (SOL).
    • Dogecoin (DOGE).
    • Koin Shiba Inu.

    Para pembuat dan pengembang koin alternatif ingin membuat versi Bitcoin yang berbeda, sesuai dengan apa yang mereka pikir telah hilang dari platform Bitcoin.

    Misalnya, Ethereum adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim Cryptocurrency satu sama lain, tetapi tujuan lain dari Ethereum adalah untuk digunakan sebagai alat dalam pengembangan aplikasi di mana token baru dapat dibangun di dalam network (jaringan).

    Lalu mirip dengan Ethereum, tujuan dibuatnya Cardano adalah untuk menawarkan transaksi peer-to-peer, dan memungkinkan para pengembang untuk membangun aplikasi di network (jaringan). Tetapi platform Cardano menggunakan pendekatan penelitian intensif untuk membangun jaringan Blockchain-nya.

    Litecoin juga memiliki fitur yang berbeda. Pertama dan terpenting, Litecoin memiliki persediaan yang lebih besar daripada Bitcoin, dan transaksi di jaringan Litecoin cenderung lebih cepat. Tujuan Litecoin adalah menjadi alternatif perak, sama seperti beberapa orang melihat Bitcoin sebagai alternatif emas.

    Mungkin daftar dari Altcoin termasuk banyak dan tak ada habisnya, tetapi aset tersebut tidaklah harus bersaing dengan Bitcoin. Sebaliknya, Pape mengatakan “Tujuan Altcoin adalah menjadi proyek yang dibangun di atas teknologi Blockchain open-source, memberikan kasus penggunaan alternatif untuk sistem keuangan tradisional dan perusahaan teknologi besar, seperti DeFi (keuangan terdesentralisasi) atau NFT (token yang tidak dapat dipertukarkan)”.

     

    By, Annisa Lesmana

    Related articles

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_img

    Latest posts