Belajar bahasa Jepang, Yuk!

Sahabat Astaga, menguasai beberapa bahasa adalah sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sosial kita, dalam pergaulan keseharian kita.

SEMAKIN banyak bahasa yang dikuasai, maka semakin luas pula pergaulan kita dan percayalah, itu akan membuka luas kesempatan kita mendapatkan relasi untuk meraih sebuah kesuksesan.

Bahasa pun bermacam-macam, ada bahasa Inggris, Indonesia, Mandarin, Prancis, Jerman dan lain sebagainya. Namun, ada satu bahasa yang juga cukup layak untuk dipelajari karena bahasa tersebut adalah bahasa dari negara yang maju: Jepang.

Bicara masalah bahasa Jepang, bahasa ini terbagi atas dua bentuk, yaitu Hyoujungo (pertuturan standar), yang mana adalah bahasa bakunya jepang yang sering diajarkan di sekolah maupun dipaparkan dalam acara TV dengan segala perhubungan yang resmi dan juga Kyoutsugo (pertuturan umum), yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Nah untuk permulaan, baru baru ini, sahabat kita Ryan Permata Putri merilis video tutorial pertamanya berjudul Belajar Bahasa Jepang Gampang Banget, Dijamin Langsung Hafal Hiragana! Dalam portofolio-nya, Ryan pernah menimba ilmu bahasa Jepang 2 tahun dan D2 Bisnis di Jepang. Sambil partime, nyambi kerja juga di perusahaan travel sebagai interpreter (penterjemah lisan) di bank swasta di negeri Sakura sana.

" .. aku seneng banget bisa kenalan sama temen-temen dari berbagai macam negara, khususnya Asia. Ada Vietnam, Taiwan, China, Korea, Nepal, India, Uzbekistan, Filipina, Kamboja, dll. Menariknya, kita sama sama orang asing yang belajar bahasa Jepang, jadi setiap hari conversationnya pakai bahasa Jepang" -- Ryan Permata Putri.

Dan tahun 2017, memutuskan balik dan menetap di Tanah Air. Menikah dan mempunyai keluarga adalah kegiatan keseharian ibu satu anak ini. Social media, terutama Youtube menjadi media mengekspresikan pengalaman dan keahliannya dalam berbahasa Jepang. Ryan juga tercatat sebagai anggota Paskibraka Jakarta Pusat tahun 2009 mewakili sekolahnya saat itu, SMKN 27 Jakarta Pusat.

So, tanpa panjang lebar, yuk kita simak video tutorial-nya :

Semoga bermanfaat, yoroshiku onegaiitashimasu!

Kalau suka mohon bantuannya untuk comment, like, share and subscribe video ini ya.

----------------------------------
Video by @ryanpermataputri94

Ryan Permataputri Jepang Astaga.com