Yuk Dampingi Anak Bergadget !

Menurut The American Academy of Pediatrics (AAP), ada hubungan yang sangat erat antara konsumsi gadget dengan masalah seperti obesitas, kurang tidur, prestasi menurun dan perilaku anak bermasalah.

freepik

  1. Jadi mulai sekarang, jangan manjakan anak dengan gadgetsecara tidak bijak. Berikut aturanya !

  2. Dampingi Anak

Tidak harus acara yang memiliki rating “BO” alias Bimbingan Orang Tua. Perhatikanlah bagaimana reaksi anak saat ia sedang dan sesudah menonton TV, bermain video game dan juga nge-gaul di dunia maya. Kalau mereka menggunakan media berkualitas tinggi dan sesuai umurnya, apalagi dibarengi dengan perilaku yang positif, berarti tidak ada yang harus dikhawatirkan. Kalau kejadian sebaliknya yang terjadi, sebaiknya para orangtua mulai tegas dan mengambil tindakan preventif.

  1. Atur Jadwal

Bila anak mulai terlalu banyak mengkonsumsi media, cobalah membuat jadwal yang sesuai dengan aktivitas sehari – hari seluruh anggota keluarga. Misalnya, bisa menetapkan batas durasi konsumsi gadget dalam seminggu atau membatasi dan me-list tayangan apa yang boleh ditonton oleh anak.

  1. Libatkan Anak

Pendapat dan pemikiran anak juga penting. Dengarkan ia sehingga orangtua bisa merencanakan media literasi dan regulasi yang tepat untuknya. Juga bisa tahu program apa yang ia suka, mengenalkan acara ataupun aplikasi yang positif untuk mereka dan merencanakan jadwal menonton bersama –sama keluarga.

anak gadget astaga wanita edukasi urban