Womanpreneur Community : Agar Wanita Tak Sekedar Kumpul

Dirikan oleh Irma Sustika, berawal dari sebuah grup di Facebook pada tahun 2010 yang melihat di sekelilingnya masih begitu banyak sahabat wanita yang belum mengenal dirinya.

Womanpreneur Community adalah organisasi non profit sebagai wadah bagi sahabat perempuan dalam meningkatkan kemandirian dan pemberdayaan ekonomi  dibawah payung Karya Perempuan Indonesia. 

Berangkat dari kegelisahan Ibu Irma Sustika, sebagai pendiri yang melihat disekelilingnya masih begitu banyak sahabat wanita yang belum mengenal dirinya dan menganggap dirinya hanya wanita yang lemah, atau hanya “Ibu Rumah Tangga” yang tidak memiliki kemampuan apa-apa.

Tujuan dari adanya Womanpreneur Community 

- Menggali, Membangun dan Meningkatkan  potensi diri bagi wanita,baik ibu rumah tangga,karyawan maupun generasi muda

- Memberdayakan wanita untuk berani memiliki dan membangun Impian

- Menyebar spirit enterpreneurship bagi wanita Indonesia untuk membantu perekonomian keluarga dengan tetap mengedepankan  keluarga

- Mengembangkan budaya kreatif berbasis keluarga

- Memberikan pengetahuan lebih untuk komunitas wanita,masyarakat umum dan ibu Rumah tangga  dengan acara yang santai, serius dan tetap bermanfaat

- Berupaya mendorong UKM perempuan di Indonesia naik kelas

Ibu rumah tangga adalah profesi yang sangat mulia. Tapi sering menjadi profesi yang sangat tidak populer di mata masyarakat bahkan bagi wanita itu sendiri. Seringkali dicap sebagai tukang ngerumpi, bergosip, menghambur-hamburkan uang suami, dan sederet citra yang tidak populer lainnya.

Niat awalnya “hanya” ingin berbagi semangat melalui tulisan tulisan yang khususnya saya tujukan bagi sahabat-sahabat wanita saat bermain facebook. Daripada sebagian teman-teman hanya menjadikan FB sebagai buku diary tumpahan kegalauan, lebih baik saling berbagi yang bermanfaat, nambah teman, nambah manfaat tambah pahala pula.

Dari sanalah Irma mulai tergerak untuk berbagi kepada sesama wanita, dengan berjalannya waktu, kami mulai menyelenggarakan  pertemuan pertemuan kecil. Pertemanan yang berawal hanya dari facebook, akhirnya menjadi sebuah silaturahmi yang berkesinambungan dengan saling mengenal lebih jauh dan saling berbagi.

Wanita sebagai ibu rumah tangga  adalah sekoci bagi kapal induk keluarga, layaknya  sekoci keluarga tentunya harus selalu dalam keadaan siap pakai dalam menyelamatkan ekonomi keluarga

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia di tahun 2010 jumlah pelaku UKM/usaha mikro masih dibawah level  2%. Hal ini menunjukkan bahwa dari seluruh pelaku Usaha Kecil & Menengah (UKM) yang ada di Indonesia, sebanyak 60% dikelola dan/atau dimiliki oleh wanita.

Disisi lain, tidak dapat kita pungkiri bahwa, kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat,mendorong wanita agar mampu menjadi penopang ekonomi keluarga


Visi

Menjadi Komunitas Wirausaha Perempuan Terdepan di Indonesia yang mengembangkan potensi diri perempuan untuk berkarya berdaya ekonomi dengan orientasi etika bisnis serta berkontribusi positif pada masyarakat dan lingkungan.

Melahirkan 1 juta Perempuan Berdaya Ekonomi hingga tahun 2020 melalui Program Women Empowering Women.


Misi

Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Bagi Perempuan.

Menciptakan Sinergi sesama anggota dalam komunitas dan juga dengan pihak luar berlandaskan kepercayaan dan komitmen.

Mengembangkan wasasan dan kompetensi anggota dalam mengembangkan usaha kecil melalui program edukasi yang dilakukan secara reguler

Berkontribusi aktif dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia


Program- program

Program Utama:

1. Inkubator Bisnis Inspiring  Womanpreneur Competition (IWPC)

2. Roadshow Seminar di 15 kota

3. Woman Empowering Woman (One in One Movement) Gerakan  Sejuta Perempuan Berdaya Ekonomi

4. Online Training


Program lain

1. Public Event

2. Workshop

3. Regular Training

Berikut adalah dokumentasi Pelaksanaan Program kami IWPC (Inspiring Womanpreneur Competition) batch ke 12, Jakarta. 

Program inkubator bisnis adalah salah satu program utama WPC dalam pemberdayaan perempuan. Peserta adalah para wanita wirausaha maupun yang baru mulai berbisnis. Mereka diberi pelatihan bisnis dan dibimbing serta dimonitor perkembangan bisnisnya selama 4 bulan. Peserta di Jakarta kali ini yang terbanyak, mencapai 49 orang. Sebelumnya kami juga melakukan di berbagai kota seperti  Cirebon, Semarang dan Bali.

astaga wanita wanita karir varia womanpreneur community wanita komunitas