Traveling Saat Hamil? Perhatikan 10 Tips Ini!

Kehamilan adalah peristiwa membahagiakan yang pastinya dinantikan oleh wanita manapun yang telah menikah. Karena itu saat hamil, wanita akan menjaga kehamilannya dengan baik sampai melahirkan kelak.

Namun bagaimana jika ingin melakukan traveling di saat hamil?
Jika Anda memutuskan untuk melakukan babymoon alias berlibur sejenak bersama pasangan sebelum sibuk menyambut kelahiran si kecil, simak 10 tipsnya!

1. Pilih lokasi tujuan dengan bijaksana

Pilihlah lokasi wisata yang tidak terlalu jauh. Liburan ke tempat wisata lokal bisa jadi alternatif yang tepat. Karena lokasi yang jauh membutuhkan perjalanan udara yang cukup lama, hal ini dikawatirkan bisa mengganggu kehamilan.

Idealnya, pilihlah lokasi wisata yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda dan dapat dicapai dengan transportasi darat. Jika ingin memuaskan sisi petualang, pilih destinasi wisata dengan penerbangan yang makan waktu tidak terlalu lama.

2. Rencanakan dengan matang

Rencanakan dengan baik semua hal yang berkaitan dengan liburan. Setelah menentukan destinasi wisata, buatlah jadwal kegiatan yang akan Anda dan pasangan lakukan disana. Jangan lupa buat check list barang apa saja yang perlu dibawa. Sekedar berjaga-jaga, bawa juga perlengkapan persalinan, apalagi jika kehamilan sudah memasuki usia 7 bulan lebih.

Pilihlah penginapan yang lokasinya dekat dengan klinik kesehatan atau rumah sakit. Jangan lupa bawa kotak P3K yang berisi obat-obatan, vitamin, minyak angin, plester luka, dan lain-lain. Bawa juga susu kehamilan yang biasa Anda konsumsi.

3. Berkemas secara bijaksana

Tetap nyaman adalah hal yang amat penting terutama jika Anda sedang hamil. Contohnya adalah dengan mengenakan baju, sepatu, dan aksesoris yang tepat.

Jika Anda suka berjalan kaki, bawalah sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan kaki, contohnya sepatu kets karena mudah dipakai dan dilepas sesuka Anda.

Jika Anda berencana pergi dalam waktu yang lama misalnya berminggu-minggu, pastikan Anda membawa pakaian yang cukup Anda kenakan untuk beberapa waktu ke depan karena perut Anda juga akan bertambah besar. Ada baju renang khusus untuk Ibu hamil yang dapat Anda bawa untuk liburan. Usahakan untuk tidak membawa baju yang sempit. Jangan lupa bawa kaos kaki, sweater atau jaket untuk mengatasi udara dingin.

4. Nikmati perjalanan

Jika memungkinkan, selama perjalanan lakukan peregangan setiap satu jam sekali untuk  menghindari ketegangan. Jika Anda bepergian dengan mobil, cobalah untuk berhenti di rest area setiap satu jam berkendara.

Jika punggung terasa nyeri, coba letakkan bantal kecil atau sweater yang digulung di punggung bagian bawah sebelum Anda duduk. Jangan lupa bawa air minum dan camilan yang cukup untuk dinikmati selama perjalanan.

5. Jaga kenyamanan

Sebelum hamil, Anda bebas melakukan aktivitas apa saja  yang membutuhkan banyak tenaga  seperti berpetualang, belanja berjam-jam, hingga berjalan-jalan.  Saat Anda hamil, Anda sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang membutuhkan banyak energi. Istirahat yang cukup akan membuat Anda bisa menikmati liburan dengan lebih menyenangkan.

Saat Anda berlibur, sering-seringlah beristirahat beberapa jam sekali. Duduk sejenak dan nikmati suasana sekitar Anda, ini akan memberi Anda cukup waktu untuk memulihkan tenaga supaya Anda bisa melanjutkan liburan Anda tanpa kelelahan. Jangan malu untuk memberi tahu pasangan atau partner liburan jika Anda merasa lelah. Kenyamanan Anda adalah prioritas utama saat berlibur.

6. Nikmati kuliner di tempat liburan

Berwisata merupakan kesempatan untuk menikmati aneka kuliner dan menu makanan baru yang berbeda. Mencicipi kuliner khas daerah wisata merupakan hal paling mengasyikkan yang dapat Anda lakukan saat berlibur. Namun pastikan Anda memilih kuliner yang aman bagi kehamilan Anda. Jangan coba-coba makanan dan minuman yang mengandung alkohol atau soda karena dapat membahayakan kehamilan.

Salah satu hal yang amat penting adalah minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi, terutama karena Anda sedang hamil. Selalu bawa botol berisi air putih  ke mana pun Anda pergi.

7. Sering beristirahat

Kehamilan terkadang membuat Anda mudah lelah. Tak perlu malu jika Anda butuh istirahat lebih sering dari biasanya. Banyak istirahat bukan berarti Anda akan kehilangan momen loh. Faktanya, jika Anda banyak beristirahat, Anda akan punya banyak tenaga untuk mengunjungi banyak tempat. Jika Anda hamil, Anda juga harus sering beristirahat guna mengurangi pembengkakan di kaki.

Anda mungkin juga  butuh pergi ke toilet lebih sering dari biasanya. Jika Anda khawatir mengenai kebersihan toilet di rest area, Anda bisa membawa tisu antiseptik untuk berjaga-jaga.

8. Lakukan hal yang berbeda

Masa kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk menikmati liburan tanpa perlu terburu-buru. Namun Anda dapat menikmati beberapa aktivitas yang dapat dilakukan dengan pelan-pelan. Misalnya adalah dengan jalan-jalan ke pantai dan menikmati suasana yang tenang. Jika Anda lebih suka bergerak, lakukan aktivitas seperti yoga, pilates, renang, atau berjalan kaki.

Anda juga dapat melakukan kegiatan yang mungkin tidak bisa lagi Anda lakukan jika bayi Anda lahir nanti. Jika Anda berlibur bersama pasangan, gunakan kesempatan ini untuk menikmati makan malam romantis di tepi pantai. Jika Anda pergi bersama teman-teman, Anda bisa pergi ke tempat spa untuk memanjakan diri. Jangan lupa memberi tahu terapis  jika Anda sedang hamil.

9. Cermat dalam memilih aktivitas

Hindari kegiatan yang  berisiko membahayakan kehamilan, misalnya kegiatan yang membuat Anda terjatuh. Jangan lakukan kegiatan seperti berseluncur di salju, naik kuda, ski air, atau hiking dan kegiatan berbahaya lainnya.

Taman hiburan merupakan pilihan yang pas, terutama jika Anda pergi bersama anak-anak atau balita. Intinya gunakan nalar,  hindari wahana yang berbahaya. Wahana seperti roller coaster tentu saja tidak baik untuk bayi Anda.

10. Nikmati perhatian dari orang lain

Wanita hamil memang istimewa. Dengan perut yang buncit, wanita hamil tampak terlihat unik dan menarik. Tak heran jika wanita hamil banyak mendapat perhatian dari orang lain. Nikmati perhatian dari orang-orang yang peduli pada Anda yang tengah hamil.

Paling tidak, cobalah untuk menikmati liburan Anda. Terimalah kursi yang ditawarkan atau pintu yang dibuka untuk Anda, dan jangan pernah takut untuk menerima bantuan dari orang lain.

Nah moms, bagaimana dengan kehamilan Anda? Yang penting sebelum melakukan perjalanan wisata saat hamil, konsultasikan lebih dulu dengan dokter kandungan ya moms? Pastikan pasangan juga merestui dan menemani. Tentu saja pikirkan juga kondisi keuangan. Jangan sampai usai baby moon, kondisi keuangan terganggu. Ingat, kalian masih membutuhkan banyak biaya untuk persalinan dan kehadiran buah hati ke depan. [Tri]

astaga traveling 10 tips hamil ibu jalan-jalan suami istri