Tips Aman Pulang Malam Bagi Wanita Pekerja

Bagi wanita pekerja, ada saatnya harus lembur dan pulang tengah malam. Meski mungkin sudah biasa, wanita harus selalu waspada dan berhati-hati.

Pasalnya belakangan ini tindak kejahatan sudah dalam tahap mengkhawatirkan, tidak pandang bulu dan cenderung ke arah kriminalitas yang mengerikan. So ladies, berikut tips aman pulang malam bagi  wanita pekerja.

1. Jangan memakai perhiasan dan barang berharga

Biasanya wanita selalu membawa tas. Pastikan barang tersimpan rapi dalam tas dan usahakan posisi tas kamu di depan atau tempat yang dapat dijangkau mata, sehingga meminimalisir penjambretan. Selain itu kalau tidak terlalu perlu, jangan gunakan handphone atau aksesoris mahal yang mencolok selama di jalan.

2. Gunakan pakaian yang tertutup

Jangan memakai busana yang terlalu minim. Bagi yang tidak berhijab, kalau bisa gunakan celana atau kulot panjang dengan blouse yang tertutup. Jika di kantor memakai rok di atas lutut, ada baiknya ganti dengan celana panjang ketika pulang.

3. Jangan pulang sendiri

Cari teman pulang bareng yang mungkin arahnya sama dengan rumah kamu. Jangan sendirian, setidaknya berkelompok 2 atau 3 orang. Ada teman pria lebih baik lagi karena ada sosok yang bisa diandalkan ketika keadaan darurat.

4. Jangan lewat jalan gelap atau sepi

Bagi kamu yang berkendara sepeda motor, hindari jalan yang agak gelap dan cenderung sepi. Ada baiknya lewat jalan besar atau jalan utama. Tidak masalah sedikit kena macet yang penting lebih aman. Buat kamu yang naik kendaraan umum, hindari kendaraan yang berpenumpang sepi atau mayoritas penumpang pria. Lebih baik menunggu lebih lama tapi aman. Ketika turun dari kendaraan umum, pastikan tidak di tempat yang sepi dan gelap seperti gang atau jalan pintas yang tidak banyak dilewati orang.

5. Menginap di rumah teman

Kalau sekiranya sudah terlalu larut dan rumah kamu jaraknya jauh, tidak ada salahnya untuk meminta ijin menginap di rumah atau kostan salah satu teman kerja yang dekat kantor. Jangan paksakan pulang larut, apalagi jika tidak ada teman barengannya.

6. Jangan memakai handphone

Memang, di tengah macetnya jalanan kota, memakai headphone untuk mendengarkan lagu amat menghibur. Tetapi, cobalah untuk membiasakan diri tidak menggunakan headphone, apalagi saat melewati jalanan sepi. Hal ini penting agar kamu lebih waspada terhadap lingkungan sekeliling.

7. Bawa peluit

Apa gunanya membawa peluit untuk keselamatan wanita? Peluit dapat mengantisipasi jika ada seseorang yang mencurigakan, apalagi terbukti akan melakukan tindakan kriminal terhadap kamu. Caranya, bunyikan peluit tersebut sekencang-kencangnya agar mendapat perhatian dan pertolongan dari orang lain.

8. Pakai sepatu kets

Bawalah selalu sepatu kets dan kenakan saat pulang kerja. Sebab, sepatu kets membuat kamu lebih bebas bergerak untuk menghindari tindakan kriminal. Bisa dibayangkan kan sulitnya lari jika menggunakan high heels?

9. Pelajari bela diri

Para wanita juga perlu untuk mempelajari ilmu bela diri, apapun itu. Kalau perlu, belajarlah bela diri yang khusus untuk mengantisipasi tindakan kriminal. Misalnya, bagaimana melumpuhkan orang dari belakang, atau melumpuhkan orang bersenjata tajam dan lain sebagainya.

10. Selalu ingat nomor kontak aparat keamanan

Ini penting untuk berjaga-jaga jika dalam keadaan mendesak. Misalnya kamu melihat ada tindakan kejahatan di jalan dan kamu merasa terancam, segera hubungi nomor aparat keamanan.

Intinya selalu waspada, jangan lengah dan pastikan keamanan jalanan yang akan dilalui. Karena keselamatan menjadi hal yang jauh lebih penting agar orang dirumah tidak merasa cemas dan khawatir. Jangan lupa untuk selalu berdoa ya ladies!  [Tri].

astaga wanita pekerja karir wanita karir tips