Sumber Ketidak Bahagiaan Manusia

Siapapun pasti ingin hidup bahagia. Tak peduli tua muda, pria wanita, kaya miskin, semua pasti ingin bahagia. Lalu apa yang membuat manusia bahagia? Salah satunya adalah saat keinginannnya tercapai.

Siapapun pasti ingin hidup bahagia. Tak peduli tua muda, pria wanita, kaya miskin, semua pasti ingin bahagia. Lalu apa yang membuat manusia bahagia? Salah satunya adalah saat keinginannnya tercapai. 

Sebaliknya, apa yang membuat manusia tak bahagia? Berikut beberapa sumber ketidak bahagiaan manusia sekaligus tips untuk mengatasinya.

# Keinginan yang tidak realistis

Menetapkan keinginan yang tidak realistis membuat kita akan berada dalam situasi tidak bahagia yang panjang. Untuk menghindari itu sebaiknya tempatkan keinginan kita pada skala yang realistis.

Tapi, bukan berarti kita tak boleh punya ambisi besar. Semua berhak memiliki ambisi dan cita-cita yang besar, asalkan kita punya kemampuan itu. 

# Keinginan yang tidak disertai rencana dan tindakan

Semua orang boleh saja memiliki mimpi besar,. Dan semua bisa bisa mencapai atau merealisasikannya. Caranya? Susunlah rencana dan tindakan apa yang akan anda ambil.  Jangan ragu untuk mengeksekusi rencana besar itu secara bertahap.

Ada begitu banyak orang yang hanya punya impian besar, tapi tidak menerjemahkan impian itu menjadi rencana dan tindakan. Maka seumur hidup dia hanya menjadi pungguk merindukan bulan. Untuk menghilangkan masalah ini solusinya adalah menjadi realistis, atau bekerja lebih keras untuk mewujudkan keinginannya.

# Ketergantungan pada orang lain

Ketidakbebasan untuk mewujudkan keinginan menimbulkan ketidakbahagiaan.  Misalnya, ingin beli sesuatu tergantung uang dari suami. Kalau suami tidak setuju, maka seseorang jadi senewen. Solusinya, jadilah orang yang independen. Miliki ruang kebebasan untuk memiliki penghasilan. Misalnya dengan bekerja atau berbisnis.

# Keinginan menjadi orang lain

Sebagian orang bisa mencapai kesuksesan tapi tetap tidak merasa puas dan tak bahagia. Ketidakpuasan itu karena selalu membandingkannya dengan pencapaian orang lain. Ia seperti orang yang berusaha menangkap bayangan. Solusinya, live your own life, pursue your own happiness, because you are not someone else. Melihat pencapaian orang lain boleh, dalam rangka mendapat motivasi. Tapi jangan mencoba jadi orang lain.

# Keinginan yang tak pernah ada batasnya

Manusia memang selalu saja memiliki keinginan yang tak terbatas. Jika tercapai satu keinginan, dia masih ingin lebih lagi, dan lagi. Di satu sisi kalau keinginan ini dikelola secara dinamis, ini akan menghasilkan pencapaian yang akan meningkat secara kerkesinambungan. Tapi kalau tidak dikelola dengan baik, akan jadi sumber depresi.

Solusinya? Hargai pencapaian sendiri. Nikmati apa yang sudah dicapai, kemudian beranjak untuk meraih target selanjutnya.

Dari uraian tadi sebetulnya cara yang paling ampuh untuk bahagia adalah berhenti membandingkan hidup kita dengan orang lain dan selalu bersyukur. Jangan lupa untuk selalu tersenyum..! [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita kebahagiaan motivasi