Saat Pasangan Terbukti Selingkuh

Dalam setiap hubungan, terutama hubungan pernikahan pasti memimpikan hubungan yang harmonis dan manis. Saling setia dan melengkapi dalam suka duka. Dan tak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin dikhianati, apapun alasannya!

Namun kadang kenyataan tak seindah harapan dan impian. Tak seindah cita-cita dan kata. Jika harus menghadapi kenyataan bahwa pasangan ternyata berselingkuh, bisa jadi anda akan merasa kiamat. Langit serasa  runtuh dan gelap.

Wajar jika anda shock dan emosi ketika pertama kali mengetahui pasangan berkhianat. Tapi sepahit apapun kenyataannya, sesungguhnya dunia belum berakhir. Hidup harus terus berjalan.

Cobalah bersikap tenang dan tarik napas dalam-dalam. Berpikir secara jernih. Ketahuilah, ada hal-hal yang sebaiknya anda lakukan dan tidak lakukan, jika memang mendapati pasangan anda berselingkuh.

Yang sebaiknya tidak anda lakukan

# Melabrak teman selingkuhan pasangan anda

Selain marah dengan pasangan, tentu anda geram dengan orang yang menjadi pemisah hubungan kalian. Bisa jadi orang tersebutlah yang menggoda pasangan anda. Meski sangat ingin marah pada orang itu, bahkan ingin menyakitinya secara fisik, namun ketahuilah itu bukan tindakan yang dewasa. Anda hanya akan mempermalukan diri sendiri dan dia pasti akan sangat senang melihat sikap kekanak-kanakan anda tersebut. Bisa jadi dia merasa girang karena berhasil membuat anda marah dan merusak hubungan anda dan pasangan.

# Memaksa pasangan untuk memilih anda

Memaksa pasangan anda secara paksa agar dia menjauh dari selingkuhannya juga bukanlah cara yang tepat. Jika dia merasa bersalah, tentu dia akan menyesal dan memilih anda tanpa merasa terpaksa meninggalkan kekasih gelapnya.

# Memaki pasangan dan mempermalukannya

Berteriak-teriak sambil menangis histeris saat mendapati pasangan anda selingkuh, apalagi melakukan hal tersebut di muka umum, bukan suatu hal yang patut dilakukan. Bukan pasangan anda yang malu, aksi drama seperti itu justru hanya akan mempermalukan diri anda sendiri. Orang akan menganggap anda sama sekali tidak bisa mengendalikan emosi, dan tidak dewasa dalam menghadapi masalah.

Ini yang harus Anda lakukan

# Tanyakan alasannya mengapa berbuat demikian

Saat emosi sudah reda, ajak dia  berbicara empat mata. Tanyakan alasannya berselingkuh, karena bisa saja penyebabnya ada pada anda. Misalnya karena anda sibuk dengan diri sendiri, tidak perhatian, kurang dapat memuaskannya dan lain sebagainya. Tentu ada alasan di balik tindakannya tersebut. Dengarkan dan terima semua alasannya. Dan jadikan sebagai bahan introspeksi diri.

# Ungkapkan perasaan anda

Setelah tahu alasannya, ungkapkan juga perasaan Anda. Katakan semua perasaan anda, baik itu perasaan kecewa terhadapnya maupun seberapa besar cinta anda kepadanya. Agar dia tahu bahwa anda masih mencintainya sekalipun telah tersakiti. Jika memang anda mampu memaafkannya, dan ingin hubungan ini berlanjut, ungkapkan terus terang.

# Memutuskan kelanjutan hubungan kalian

Sebelum memutuskan kelanjutan hubungan ini, tanyakan apa yang dia inginkan dari hubungan kalian. Apakah dia ingin melanjutkan hubungan atau sebaliknya, berpisah dari anda. Apapun itu anda harus siap lahir batin.

Buat kesepakatan

Jika ternyata dia ingin mempertahankan hubungan dengan anda dan anda sudah  memaafkannya, mulailah hubungan baru. Jangan pernah mengungkit kesalahannya, jika suatu waktu kalian bertengkar lagi. Bangun kemesraan seperti saat mulai jatuh cinta. Berikan perhatian yang lebih baik untuk 'mengikatnya'. Percayalah jika dia merasa nyaman dan puas, sulit baginya untuk berpaling lagi.

Memang, perselingkuhan itu selalu menyakitkan, apapun bentuk dan alasannya. Namun jika masih ada harapan untuk bersama, mengapa tidak memperjuangkan hubungan tersebut? Anggap saja pengalaman pahit ini sebagai ujian bagi anda untuk belajar bersabar dan memaafkan.

Ingat, ada banyak hal yang harus anda perjuangkan bersama. Seperti masa depan anak-anak dan tanggung jawab spiritual. So, mulailah hubungan baru dengan penuh kemesraan dan kebersamaan. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir varia intim