Mengajarkan si Kecil Gosok Gigi

Menggosok gigi dua kali sehari adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh siapapun untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Karena itu penting mengajarkan anak untuk menggosok giginya sejak dini. Apalagi jika usia anak semakin bertambah dan a

Makanan manis yang dikonsumsi si kecil dapat merusak kesehatan gigi dan dapat menimbulkan masalah gigi berlubang, gigi keropos berwarna hitam hingga bau mulut yang tidak sedap. Karena itu, para orangtua sangat penting mengajarkan gosok gigi secara teratur pada anak.

Namun mengajarkan sikat gigi pada anak-anak bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mengajarkan anak sikat gigi.  Anda harus pandai  memanfaatkan kesempatan agar anak mulai merawat kesehatan gigi mereka.

Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk mengajarkan si kecil menggosok gigi:

1. Ajarkan sejak usia dini

Membiasakan menggosok gigi pada anak akan lebih mudah jika anda melakukannya sejak usia dini. Anda bisa melakukannya sejak anak masih bayi ketika anak belum memiliki gigi. Anda bisa mulai membasuh gusi-gusi lembutnya dengan tisu basah atau kain lembut setelah anak selesai menyusu atau makan. Diusia ini anak belum diperkenankan untuk menggunakan pasta gigi. Nah, setelah anak berusia dua tahun, anda bisa mulai memberikan pasta gigi dan mengajarkan secara rutin pentingnya menggosok gigi.

2. Biarkan anak memilih sikat gigi dan pasta giginya sendiri

Agar anak tertarik menggosok gigi maka biarkan mereka menetukan pasta gigi dan sikat gigi seperti apa yang mereka inginkan. Saat ini sikat gigi dengan bentuk dan warna-warna cantik banyak tersedia di supermarket, ajaklah anak untuk memilih salah satunya, sesuai seleranya. Dengan demikian mereka akan lebih bersemangat menggosok gigi.

3. Buat acara menggosok gigi yang menyenangkan

Jelaskan pada anak pentingnya menggosok gigi untuk membasmi 'monster', bakteri atau kumpulan plak yang bersarang pada gigi yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Agar lebih menarik, anda bisa memberikan cerita-cerita menarik seputar gigi atau menggambar bentuk gigi yang dirusak oleh 'monster' (bakteri) jika tidak dibersihkan. Dengan demikian anak akan tertarik untuk menggosok gigi dan merawat kebersihan giginya.

4. Menggosok gigi bersama

Mengajarkan anak untuk menggosok gigi tidak cukup hanya dengan teori, anak juga perlu contoh yang baik. Karena itu, tidak ada salahnya jika anda menggosok gigi bersama anak. Berikan contoh bagaimana cara menggosok gigi yang baik.

Jika anak masih sulit sikat gigi, jangan bosan untuk terus mengajari dan memberi contoh ya. Kuncinya hanya sabar dan terus berusaha. Jika anda berhasil mengajarkan si kecil sikat gigi secara disiplin, berarti secara tidak langsung anda telah mempersiapkan anak meraih masa depannya.

Apa hubungannya? Ya karena banyak profesi yang keren syaratnya adalah punya gigi yang sehat dan terawat. Sebut saja pilot, tentara, polisi, dan banyak lagi. Dengan gigi yang bersih dan sehat, si kecil pun bebas memilih cita-citanya.  [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir varia intim