Melewati Masa Sulit Paska Keguguran

Bagi pasangan pengantin baru, kehamilan pertama merupakan moment yang sangat dinanti-nantikan. Bayangan bayi mungil nan menggemaskan membuat pasangan suami istri tak sabar ingin segera menimang bayi.

Namun,bagaimana jika kehamilan itu tak sesuai harapan? Bagaimana jika anda mengalamikeguguran dan harus kehilangan bayi yang diimpikan? Sudah pasti rasanya sangatamat menyedihkan. Bagi wanita tentu ini bukanlah hal mudah.

Apapunpenyebabnya, bagi wanita pasti akan menimbulkan kesedihan yang berkepanjangan.Bahkan tak sedikit yang merasa depresi. Sebenarnya kondisi ini adalah hal yangsangat manusiawi. Karena peristiwa kehilangan adalah hal yang cukupmenyakitkan. Apalagi kehilangan calon bayi yang dinantikan.

Ikatan batinyang sempat terjalin antara calon ibu dan calon bayi, membuat kesedihan seakantak beruntung.

Jika andamengalaminya, cobalah untuk menerima kehilangan ini dengan ikhlas. Untukmengurangi kesedihan anda, cobalah tips berikut ini:

* Dekatkan diripada Tuhan dengan memperbanyak ibadah. Yakin bahwa semua ini sudah menjadiketetapanNya dan akan ada kebahagiaan setelah peristiwa ini.

* Sharingdengan orang terdekat. Selain dengan pasangan, anda bisa bicara dengan sahabatatau kerabat. Dukungan dari orang-orang terdekat akan membuat anda lebih mudahmelewati masa-masa sulit ini.

* Lakukankegiatan positif yang menyenangkan. Misalnya yoga, meditasi atau olahraga lainnya.Kegiatan ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan membuat anda lebihpositif.

* Berbagicerita dengan teman wanita yang mengalami masalah yang sama juga bisa andalakukan. Hal ini membuat anda tak merasa sendiri dan bisa saling berbagi pengalamandan menjadikannya pelajaran untuk kehamilan berikutnya.

* Buat rencanabaru dengan pasangan. Rencanakan liburan bersama atau second honeymoon untukmerencanakan kehamilan baru. Tapi pastikan anda sudah siap untuk kehamilan baruya? Jika belum siap atau masih ada rasa trauma, lebih baik tunda sampaibenar-benar siap lahir batin.

Yang patut andasyukuri adalah bahwa anda masih bisa hamil. Itu tandanya anda dan pasangan takada masalah dengan reproduksi. Karena begitu banyak pasangan yang telah lama menikahnamun tak kunjung membuahkan kehamilan.

Maka, janganlarut dalam kesedihan. Bangkit lalu tersenyumlah. Jadikan pengalaman sedih inisebagai ajang introspeksi diri. Percayalah, di balik kesedihan dan kekecewaanyang anda alami, ada kebahagiaan yang akan menggantikannya. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir citra intim