Makna Dibalik Gaya Berjabat Tangan

Nah, di bawah ini adalah gaya dan cara berjabat tangan beserta artinya, menurut Linda Philips dalam bukunya ‘The Concise Guide to Executive Etiquette’

Dalam setiap kesempatan anda pasti kerap berjabat tangan. Entah dengan kerabat, sahabat, rekan kerja, klien, bos atau siapapun. Tapi tahukah anda, ternyata dari gaya berjabat tangan seseorang, dapat diketahui bagaimana kepribadian orang tersebut.

Nah, di bawah ini adalah gaya dan cara berjabat tangan beserta artinya, menurut Linda Philips dalam bukunya ‘The Concise Guide to Executive Etiquette’:

Berjabat tangan dengan kuat (Menggenggam Erat)

Gaya bersalaman atau berjabat tangan seperti ini dilakukan dengan cara  menggenggam erat dan keras.  Saking kerasnya, kadang lawan jabat tangan akan merasa sakit akibat tekanan yang terlalu kuat. Jika seseorang bersalaman dengan gaya seperti ini menunjukkan bahwa dia cenderung ambisius dan ingin mencapai sesuatu dengan jalan pintas. Dalam kehidupan sosialisasipun ia sering bersikap egois dan mementingkan diri sendiri.

Berjabat tangan dengan dua tangan

Gaya bersalaman atau berjabat tangan seperti ini dilakukan dengan cara menggenggam tangan lawan dengan kedua tangan. Anda biasa menemukan gaya berjabat tangan seperti ini dalam pertemuan-pertemuan formal dan informal tertentu. Jika anda bersalaman dengan seseorang dengan gaya bersalaman seperti ini menunjukkan ia pandai menyembunyikan perasaan yang sesungguhnya. Ia bahkan bisa bersikap sangat ramah pada orang yang tidak disukainya atau dibencinya.

Berjabat tangan dengan gaya ngambang

Gaya bersalaman atau berjabat tangan seperti ini dilakukan selintas dengan menyentuh tangan lawan bicara. Jika seseorang berjabat tangan dengan anda dengan gaya seperti ini, menandakan bahwa dia tidak bersemangat dan tidak berminat pada anda. Karena itu anda juga bisa mengabaikannya.

Berjabat tangan dengan menggelitik

Gaya bersalaman atau berjabat tangan seperti ini dilakukan dengan menjabat erat tangan seseorang tetapi diselingi dengan menggelitik telapak tangannya dengan ujung jari. Umumnya cara ini dilakukan jika berjabat tangan dengan lawan jenis. Orang yang bersalaman dengan cara ini menunjukkan bahwa dia pribadi yang suka menghalalkan segala cara demi tercapainya keinginan. Terlebih jika berkaitan dengan bisnis. Gaya ini juga menandakan bahwa dia mudah terpesona oleh hal-hal yang bersifat lahiriah atau fisik.

Berjabat tangan dengan gaya profesional

Gaya bersalaman atau berjabat tangan seperti ini dilakukan dengan menjabat erat tangan dengan cukup erat, tidak terlalu menekan dan tidak sampai menyakiti. Lama jabat tangan ini sekitar tiga detik. Sesorang yang bersalaman dengan gaya ini menunjukkan dia pribadi yang hangat, profesional, dan positive thinking.

Nah, bagaimana gaya bersalaman anda? Jabat tangan seperti apa yang sering anda lakukan? Dengan mengetahui gaya bersalaman dan maknanya, paling tidak anda akan mendapat sedikit petunjuk tentang karakter serta maksud dan tujuannya terhadap anda. [Editor: Tri Meinarni]

jabat tangan