Kapan Wanita Mengalami Puncak Libido?

Tak dapat dipungkiri, usia sangat mempengaruhi kondisi seseorang. Semakin tua usia seseorang, akan semakin lemah kondisi kesehatannya. Termasuk gairah seksualnya.

Tak dapat dipungkiri, usia sangat mempengaruhi kondisi seseorang. Semakin tua usia seseorang, akan semakin lemah kondisi kesehatannya. Termasuk gairah seksualnya.

Dan ternyata, wanita dan pria mengalami puncak libido di usia yang berbeda. Menurut penelitian, wanita mencapai puncak seksual mereka di usia yang lebih awal dari pria. Hampir setengah (48%) wanita mengungkapkan, libido mereka tertinggi antara usia 18-24 tahun.

Sebenarnya, keinginan wanita untuk berhubungan seks sedikit berkurang ketika bertambah tua. Hanya 18% wanita yang mengatakan bahwa libido mereka memuncak di usia antara 24-30 tahun.

Namun, wanita mengatakan bahwa mereka mencapai puncak seksual antara usia 18-20 tahun. Sementara pria lebih cenderung memiliki libido tertinggi selama usia 20-an dan 30-an.

Hasil ini berasal dari survei seks Lovehoney, yang mewawancarai 14.000 orang tentang kebahagiaan seksual mereka. Studi tersebut menemukan, kompatibilitas seksual lebih penting bagi wanita dibandingkan dengan pria dalam suatu hubungan. Sebuah libido yang tidak serasi telah menyebabkan masalah bagi 48% wanita, yang telah mengalami peningkatan keinginan seksual.

Co-owner Lovehoney, Richard Longhurst mengatakan, "Temuan baru ini menghancurkan kebijaksanaan konvensional yang mengatakan bahwa pria cenderung mengalami puncak seksual sebelum di akhir usia belasan dan awal 20-an, sementara wanita menginginkan seks lebih banyak di usia 30-an," dikutip dari Express.

Lebih lanjut, menurut Longhurst, sebenarnya ada kecenderungan yang menunjukkan bahwa masa dewasa dini adalah puncak tertinggi libido wanita, sedangkan pria lebih cenderung mencapai puncaknya pada usia 20 dan 30-an. 

Selain itu, dikatakan Longhurst, wanita lebih bahagia untuk berbicara tentang betapa pentingnya seks bagi mereka. Bagi wanita, kebahagian seksual adalah kunci untuk sebuah hubungan yang langgeng.

Nah bagaimana dengan anda? Berapa usia anda saat ini? Jika gairah seksual anda mulai menurun, jangan pasrah saja ya moms. Lakukan usaha agar pasangan anda tak mencari pelarian. Lakukan olahraga teratur, konsumsi makanan sehat dan hindari stress. Yang lebih penting pelihara kemesraan terus menerus, komunikasi dan saling menghargai. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita hubungan sexual pasangan