Ini Dia 10 Cara Menghadapi Pasangan yang Moody

Pasangan Anda moody? Ya sebagian wanita mengeluhkan sifat pasangannya yang moody.

freepik.com

Apa itu moody? Moody adalah suasana hati, pikiran, dan emosi yang mudah berubah-ubah. Kadang sedih, kadang ceria. Orang yang memiliki kepribadian yang moody memiliki suasana hati yang mudah berubah, mereka memiliki perasaan yang labil, mudah tersinggung dan juga sensitif. Entah karena suatu penyebab yang jelas ataupun tidak, orang yang moody dapat berubah perasaan atau emosinya. Semua tindak-tanduk dan perkataan mereka didasari oleh mood atau suasana hati yang  mereka alami.

Memang cukup menyebalkan menghadapi pasangan dengan mood yang mudah berubah-ubah. Bila sifat moody-nya sedang muncul, apa saja tampaknya akan salah oleh pasangan Anda. Jika tak sabar, sering kali hal ini menyulut emosi.

Tapi jangan keburu meledak ya moms, menghadapi pasangan yang  moody dapat diatasi dengan beberapa hal berikut.

1. Bertanya apa yang sedang terjadi

Bila pasangan Anda tiba-tiba saja diam dan menunjukkan raut wajah yang kurang menyenangkan, Anda tak perlu merasa panik dan merasa bersalah. Bisa saja ada hal yang membuat pasangan Anda resah dan khawatir. Cobalah bertanya apa yang sedang terjadi. Bila hal ini terjadi, Anda jangan membalasnya dengan emosi. Usahakan menenangkan dirinya dan menunggu hingga dia ingin berbicara.

2. Mendengarkan dengan baik

Bila Anda telah mengetahui apa yang menjadi masalah, coba dengarkan dengan seksama keluh kesahnya. Biarkan pasangan mengeluarkan unek-uneknya. Usahakan jangan memotong pembicaraan hingga dia selesai bercerita. Dengan mendengarkan keluh kesahnya, pasangan Anda  akan lebih mudah mengembalikan moodnya.

3. Berada di dekatnya

Pada saat perasaannya berantakan, seseorang cenderung moody dan sensitif. Dalam kondisi ini, tentu dia menginginkan Anda memberikan dukungan emosional. Gunakan beberapa kontak fisik, seperti mengusap kepalanya atau menggenggam tangannya. Mungkin dia sedang tidak ingin bercerita, tapi keberadaan Anda sangat penting baginya.

4. Beri jarak

Jika diperlukan, beri jarak pada hubungan Anda. Biarkanlah pasangan introspeksi diri dan memahami masalah terbesar yang sering membuatnya moody. Karena seringkali seseorang membutuhkan waktu sendiri untuk merenungkan kesalahannya.

5. Berikan dia waktu

Jika mood nya belum berubah, cobalah untuk menenangkan diri masing-masing. Ada baiknya berikan suami Anda waktu untuk menghirup udara segar dan menenangkan kembali pikirannya, agar dia bisa berpikir lebih jernih. Dengan melakukan ini Anda dapat meredakan perasaannya yang tak karuan, tanpa Anda merasa  tersakiti.

6. Biarkan dia mencurahkan isi hatinya

Sekalipun Anda ingin meledak, jangan terpancing emosi ya moms. Jika suami sedang menyebalkan dengan moodnya, sang istri harus menjadi lebih bijaksana dan memahami perasaan suaminya. Cobalah untuk menenangkan suasana dengan membiarkannya mencurahkan isi hatinya dan meluapkan emosi yang dirasakannya.

7. Jangan paksa untuk berbicara

Ketika dia sedang merasa berantakan, kadang emosi mereka kurang terkontrol, mereka cenderung tidak dapat berpikir dengan jernih, dan juga tidak dapat mendengarkan kata hatinya. Untuk itu, tunggulah waktu yang tepat untuk mengajaknya berbicara yaitu di saat keadaannya sudah terlihat lebih tenang.

8. Berikan pelukan mesra

Sebuah pelukan selalu dapat mendamaikan hati seseorang. Ketika suami Anda mulai tak stabil emosinya, sementara Anda enggan untuk beradu argumen, langsunglah memeluknya dan mengucapkan kalimat andalan yang penuh kemesraan seperti, "I love u, honey"  atau kalimat manis lainnya. Peluklah dia selama beberapa saat sambil mengusap-usap punggungnya. Dijamin pelukan mesra ini dapat meluluhkan hatinya dan membuatnya lupa akan perasaan tak nyaman yang tadi dirasakannya.

9. Lakukan hal-hal yang menyenangkan hatinya

Di kala suami sedang moody, cara lain yang dapat meluluhkan hati dan mengembalikan senyumannya adalah dengan melakukan hal-hal yang dapat menyenangkan hatinya. Misalnya, memberikannya kejutan istimewa dengan menyiapkan makan malam romantis, berdandan secantik mungkin, sambil merayunya, memberikannya hadiah suatu benda yang telah lama diinginkannya, memberikan pelayanan terbaik baginya dengan melakukan apa saja yang dibutuhkannya seperti, menyiapkan air panas untuk mandi, memijatnya, membuatkannya minuman hangat, dan masih banyak lagi.

10. Bersikap tegas

Jika Anda telah merajuk hatinya secara maksimal, dan menuruti kemauannya, namun ia selalu kembali pada sikap moody nya, kali ini Anda harus bersikap tegas. Tidak ada salahnya memaksa pasangan untuk bersikap lebih dewasa. Menyikapi hal dengan pikiran dewasa akan menjadikan hubungan Anda lebih berjalan mulus. Pertengkaran juga akan semakin berkurang, bila sifat moody ini dihilangkan.

Nah moms, bagaimana dengan suami kesayangan Anda? Jangan lupa ya moms, kunci dari sebuah hubungan adalah saling memahami. Karena bukan hanya wanita loh moms yang punya sifat sensitif. Sebagai manusia biasa, para pria juga memiliki sisi sensitif dan ingin lebih dimengerti oleh pasangannya. So, saling mengerti dan menjaga komunikasi akan membuat hubungan kalian terjaga, sesulit apapun itu. [Tri]

astaga 10 cara pasangan hubungan moody