Ini Dia 10 Alasan Mengapa Wanita Memilih Hidup Melajang Daripada Menikah!

Di jaman now yang serba modern belakangan ini, bukan hal aneh jika kita menjumpai wanita berusia matang yang memilih untuk tetap hidup melajang alias tidak menikah.

Meski mereka memiliki alasan yang beragam, tapi ternyata ini 10 alasan yang mereka ungkapkan. Yuk disimak bagi yang kepo!

1. Karir

Karir menjadi alasan pertama mengapa mereka tidak berniat menikah. Mengejar karir bagi wanita lajang  adalah kenikmatan tersendiri. Apalagi dengan penghasilan yang cukup besar, membuat mereka semakin bersemangat mengejar karir. Kesibukan berkarir, kadang membuat mereka tak ada waktu lagi untuk sekedar memikirkan jodoh, hingga tanpa sadar usia terus merambat. Ketika sadar usia sudah tak muda lagi, mereka sudah tak berminat untuk menikah dan memutuskan untuk hidup melajang.

2. Keluarga

Bagi wanita lajang, ternyata faktor keluarga juga mempengaruhi. Sebagian wanita karir, bekerja untuk membiayai keluarganya, adik-adik dan orangtuanya. Biasanya wanita ini terlahir dari keluarga sederhana dan ketika bekerja menjadi tulang punggung keluarga. Nah kondisi ini membuat wanita tak ingin buru-buru menikah karena khawatir pernikahan membuatnya tak leluasa membantu keluarga. Akibatnya ketika usia sudah semakin matang, kesempatan untuk memilih pria idaman semakin tipis dan membuatnya memilih hidup tanpa suami.

3. Trauma

Pengalaman masa lalu, gagal menikah dengan kekasih yang dicintai juga menjadi alasan sebagian wanita untuk tidak menikah. Mereka merasa trauma dengan pengalaman pahitnya sehingga takut untuk memulai hubungan baru. Apalagi jika kegagalan menikah itu disebabkan perselingkuhan mantan kekasih. Perasaan hancur, sakit hati dan trauma membuat wanita menutup hati untuk cinta. Hingga akhirnya ia tak berminat berumah tangga.

4. Kebebasan

Ternyata kebebasan juga menjadi alasan sebagian wanita single. Mereka yang selama ini bebas menentukan sikap, bebas berkarir,  berkarya dan bebas bergaul dengan siapapun merasa khawatir kebebasannya akan terampas jika harus menikah. Karena menikah bagi mereka adalah mengurus suami, anak-anak dan rumah. Hal ini dirasa cukup merepotkan dan membelenggu kebebasannya, sehingga hidup melajang menjadi pilihannya yang tak bisa diganggu gugat.

5. Terlanjur nyaman sendiri

Bagi mereka, menjadi lajang bukan berarti kesepian. Teman, sahabat dan kerabat adalah orang-orang yang menemani mereka kapanpun dibutuhkan. Sehingga bagi para wanita lajang, sendiri tetap merasa nyaman. Bahkan dengan kesendirian,  mereka justru merasa lebih menikmati hidupnya, karena segala sesuatu  bebas mereka putuskan sendiri tanpa pertimbangan pasangan.

6.  Kriteria terlalu tinggi

Banyak wanita menetapkan kriteria yang tinggi untuk calon suaminya. Tampan, pintar, mapan, tanggung jawab, soleh dan banyak lagi kriteria lainnya. Sementara untuk mendapatkan kriteria tersebut bukan hal mudah. Dan bagi wanita, ketika tak menemukan calon yang sesuai, mereka lebih memilih hidup sendiri. Apalagi bagi wanita cantik, dengan karir mapan dan mandiri secara finansial merasa tak perlu menikah jika hanya menikah dengan pria biasa-biasa saja.

7. Pendidikan

Masalah pendidikan ternyata juga punya porsi tersendiri mengapa wanita enggan menikah. Wanita karir umumnya akan terus menempuh pendidikan tertinggi untuk menunjang karir dan jabatannya. Dan biasanya wanita ini menginginkan jodoh yang lebih tinggi atau minimal setara dengan pendidikannya. Nah ketika yang mendekati hanya pria yang standar, mereka merasa lebih baik hidup sendiri.

8. Materi

Tidak dipungkiri materi berperan penting ketika seorang wanita single memutuskan untuk menikah. Wanita yang merasa cukup secara materi, tidak ingin menikah dengan pria yang sederhana secara ekonomi. Mereka khawatir pria yang tidak lebih baik secara ekonomi hanya akan memanfaatkan dirinya. Jadi dengan materi yang sudah mereka miliki, mereka merasa tak perlu lagi pria di sisinya.

9. Tidak mau repot

Bagi sebagian wanita modern, menikah itu merepotkan. Bayangan harus mengurus suami dan anak-anak menjadi pertimbangannya untuk tidak menikah. Mereka merasa hidupnya lebih simpel tanpa suami dan anak-anak. Tanpa perlu pula mengurus berbagai kebutuhan anak dan suami. Sehingga mereka yang tidak mau ribet, tidak mau repot dengan berbagai urusan rumah tangga, memutuskan hidup melajang.

10. Dis orientasi seksual

Alasan yang satu ini cukup menyeramkan. Ada sebagian wanita yang tidak tertarik dengan pria. Bahkan ia tidak pernah bangkit gairahnya ketika disentuh pria. Ya kelainan ini lazim disebut lesbian alias wanita penyuka sesama jenis. Karena ketidaktertarikannya pada pria, sementara ia harus menutupi hasrat yang menyimpang, membuat ia memilih tidak menikah. Pertimbangannya, daripada menikah hanya untuk status dan membuatnya tak bahagia, lebih baik sendiri.

So ladies, no body's perfect! Tak ada satupun manusia sempurna di belahan bumi manapun. Namun siapapun berhak menentukan pilihannya, termasuk untuk tidak menikah atau melajang seumur hidupnya. Jika itu bisa membuat bahagia tanpa mengganggu kehidupan orang lain, why not? [Tri]

astaga 10 alasan wanita melajang