Hati-hati, Bahaya Mengintai Anda yang Kurang Tidur

Anda gemar begadang? Hati-hati, bahaya kerap mengintai anda yang kurang tidur. Karena sejatinya tidur merupakan proses penting bagi tubuh, di mana saat tidur akan terjadi perbaikan segala fungsi sistem di dalam tubuh termasuk regenerasi sel-sel kulit.

Anda gemar begadang? Hati-hati, bahaya kerap mengintai anda yang kurang tidur. Karena sejatinya tidur merupakan proses penting bagi tubuh, di mana saat tidur akan terjadi perbaikan segala fungsi sistem di dalam tubuh termasuk regenerasi sel-sel kulit.

Nah anda yang masih suka tidur larut, bahkan menjelang dini hari, perlu menyimak bahayanya:

Kelelahan fisik dan mental

Kekurangan tidur sudah pasti akan mempengaruhi fisik. Sama seperti gizi, tidur juga penting untuk menyehatkan tubuh secara total.

Saat tidur, tubuh mulai melakukan proses pembaharuan sel dan memperbaiki otot. Ini menjadi waktu bagi otak untuk mengolah semua informasi yang telah diterima sepanjang hari. Kurang tidur juga menyebabkan kelelahan mental, yang dapat menyebabkan sikap emosional, murung, dan stress.

Kenaikan berat badan

Kurang tidur juga akan menyebabkan metabolisme melambat, karena proses mencerna gula yang dikonsumsi siang hari akan terganggu.

Kurang tidur menyebabkan meningkatnya rasa lapar pada jam-jam yang tidak teratur, karena tubuh mulai menuntut lebih banyak makanan dari apa yang dibutuhkan, sehingga akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Melambatnya fungsi kognitif

Seseorang yang tidak cukup tidur dapat terhambat fungsi kognitifnya dan membuat otak tidak bekerja  maksimal. Akibatnya akan mudah lupa, bingung dan sulit konsentrasi. Nah kalau anda akhir-akhir ini merasa sering lupa dan bingung, anda harus memeriksa jam tidur pada malam sebelumnya.

Kulit kusam

Orang yang kurang tidur cenderung menyebabkan lingkar mata menjadi hitam serta tumbuhnya jerawat. Kekurangan tidur akan menyebabkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon kortison. Hormon ini akan memecah kolagen di kulit, yang bertanggung jawab membuat kulit halus serta bersinar. Selain itu saat tidur akan terjadi regenerasi sel-sel kulit, sehingga tak heran anda yang kurang tidur cenderung memiliki kulit kusam dan keriput.

Depresi dan gangguan psikologis

Banyak penelitian yang menunjukkan kurang tidur menyebabkan gangguan psikologis, termasuk depresi. Orang yang mengalami insomnia akan lebih rentan terkena gangguan tersebut, dibandingkan dengan orang yang  cukup tidur. Orang yang kurang tidur akan mudah sedih, sensitif, tertekan dan gangguan psikologis lainnya.

Penyakit kardiovaskular

Kurang tidur akan menyebabkan peningkatan hormon stres dalam tubuh. Ini mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk pada jantung. Hormon stres dapat merusak pembuluh darah, yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke. Jika penyakit ini sudah menyerang, lebih jauh akan beresiko pada kematian.

Diabetes

Seperti disebut sebelumnya bahwa kurang tidur akan menyebabkan metabolisme tubuh berkurang dan menurun, dimana akan mengurangi kemampuan tubuh untuk mencerna glukosa. Dan, hal ini akan menyebabkan diabetes serta obesitas.

Nah anda yang masih nekat tidur larut, perbaiki kualitas tidur anda dengan tidur cukup. Sayangilah jiwa dan raga anda dengan tidak tidur larut, kecuali dalam kondisi diperlukan. Tapi juga jangan tidur seharian ya, karena tubuh yang kurang gerak malah menyebabkan masalah lain. Jangan lupa imbangi dengan olahraga...! [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita kurang tidur kesehatan begadang