Durasi Seks tak Menentukan Kenikmatan

Berapa lama durasi hubungan seks anda dan pasangan? Satu jam, 30 menit atau 15 menit?

freepik

Ya, selama ini kebanyakan orang beranggapan bahwa lamanya waktu berhubungan seks menjadi penentu nikmat tidaknya hubungan seks.

Semakin lama durasi 'permainan', dianggap semakin nikmat. Lamanya bercinta juga dianggap bahwa pasangan pria lebih kuat dan tahan lama dalam permainan seks. Padahal lama tidaknya bercinta, bukanlah ukuran nikmat tidaknya hubungan seks.

Durasi seks yang singkat bukan berarti tidak bisa nikmat. Dan bukan berarti pula si pria tidak kuat dan tak tahan lama.

Banyak alasan di balik singkatnya durasi seks. Mereka yang melakukannya dengan singkat pun tetap bisa merasakan kepuasan dan mencapai orgasme.

Jadi, berapa lama durasi seks yang ideal? Penulis buku She Comes First, Ian Kerner berpendapat bahwa durasi seks ideal, khususnya bagi para wanita, tergantung pada beberapa hal yang mungkin dilakukan saat foreplay seperti, bercumbu, pemanasan, mengobrol, berpelukan,  dan berbagi fantasi, serta waktu yang disediakan untuk hal tersebut.

"Seks yang nikmat adalah ketika keduanya sudah sama-sama terangsang dan siap untuk mencapai kepuasan. Keduanya biasanya melakukan hal-hal lain terlebih dahulu," katanya.

Melakukan berbagai aktivitas seks tentunya memakan waktu. Lantas, berapa lama durasi seks ideal yang sudah mencakup semua aktivitas seks itu? Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine pada tahun 2008 dan Journal of Sex tahun 2004 lalu menemukan fakta bahwa wanita menilai durasi seks yang ideal adalah sekitar 7-8 menit dan sekitar 11-15 menit untuk bercumbu dan pemanasan.

Jika diakumulasikan berarti durasi seks ideal secara menyeluruh menurut wanita adalah kurang lebih 23 menit. Dan waktu yang terlama mencapai setengah jam.

Jadi bisa disimpulkan, nikmat tidaknya hubungan seks tidak tergantung durasinya, melainkan dari kualitas hubungan itu sendiri. Ini berkaitan dengan ikatan psikologis dan emosional sebelum hubungan seks. Sejatinya, foreplay membuat sebuah hubungan seks benar-benar mengesankan.

Terlepas dari berapa lama durasi bercinta yang anda dan pasangan lakukan, jadikan moment bercinta sebagai aktivitas yang menarik, menghibur, dan merekatkan hubungan anda dan pasangan. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita hubungan suami istri durasi intim