Dampak Negatif Jika Sering Mengeluh

Ketahuilah, sebetulnya mengeluh hanya akan mendatangkan energi negatif ke diri anda.

Anda suka mengeluh? Sebenarnya mengeluh adalah hal yang wajar dan cukup manusiawi. Seseorang mengeluh biasanya karena kecewa atau kurang puas terhadap keadaaan. Bahkan kadang keluhan itu bisa berubah menjadi kemarahan.

Maka, meski merupakan hal yang manusiawi, mengeluh dianggap sebagai kebiasaan buruk. Mengeluh hanya memangkas waktu dan mengurangi performa anda.

Sayangnya setiap hari selalu akan anda temui orang yang mengeluh, baik diungkapkan secara langsung atau melalui media sosial. Memang, itu hak pribadi masing-masing. Tetapi alangkah lebih baiknya agar mengurangi dan membuang jauh-jauh kebiasaan ini, terutama di lingkungan kerja.

Ketahuilah, sebetulnya mengeluh hanya akan mendatangkan energi negatif ke diri anda. Berikut adalah dampak buruk jika anda sering mengeluh di lingkungan kerja:

1. Tidak dipercaya

Kebiasaan anda mengeluh di tempat kerja, lambat laun akan diketahui oleh semua rekan kerja bahkan atasan anda. Kalau sudah seperti ini, anda akan dinilai sebagai sosok pengeluh yang tak bisa mengatasi masalah. Sehingga ketika anda memiliki ide-ide baru misalnya dalam sebuah meeting, maka ide cemerlang anda itu tidak akan dipercaya. Mereka tidak yakin anda dapat mewujudkan ide-ide brilliant.

Apalagi jika anda menawarkan untuk meng-handle sebuah proyek, rekan kerja lain tidak akan mempercayai anda. Mereka khawatir jika nanti anda akan mengeluh jika hasilnya tidak sesuai keinginan. Akibatnya karir anda sulit berkembang alias mandeg.

2. Kurang Dihormati

Mungkin anda di perusahaan memegang jabatan yang lumayan tinggi, semisal manager atau supervisor di mana anda memiliki bawahan. Tetapi jika anda selalu mengeluh terkait dengan kondisi kerjaan, maka bawahan anda tidak menghormati anda lagi.

Bukan sekedar kehormatan saja yang dipertaruhkan, tetapi juga kewibawaan serta kekuatan anda sebagai pemimpin. Wajar saja, karena para bawahan anda melihat diri anda sebagai orang yang sering mengeluh, marah dan selalu bicara negatif. Sehingga para bawahan tidak lagi mempercayai anda dan  bisa jadi mengabaikan anda begitu saja.

3. Sulit berkembang

Orang yang suka mengeluh adalah orang yang hanya memikirkan apa yang ada dihadapannya saat ini, tanpa melihat peluang positif di depannya. Orang-orang seperti ini akan sulit berkembang. Baik berkembang dari segi wawasan, pengetahuan maupun keterampilan. Wajar jika orang-orang seperti ini juga sulit untuk naik jabatan. Mendapat promosi pun juga tidak layak, karena sering mengeluh.

Dengan kata lain, jika anda sering mengeluh, akan membunuh karier anda ke depannya. Mulai saat ini, cobalah untuk mengurangi

kebiasaan mengeluh. Daripada mengeluh, lebih baik memikirkan jalan keluar dan mencari solusi baru. [Editor: Tri Meinarni]

mengeluh