Air Mineral Dan Air Putih Biasa, Apa Bedanya?

Sudah sejak lama, air mineral memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari. Nyaris sudah tak terdengar lagi ibu-ibu yang sibuk merebus air untuk kebutuhan air minum.

Kandungannya berbeda

Air putih adalah air yang biasa kita dapatkan dari alam atau dari keran rumah, yang kemudian direbus atau dimasak dulu sampai mendidih sebelum diminum. Air putih sendiri mengandung satu atom hidrogen dan dua atom hidrogen. Sedangkan air mineral adalah air yang mengandung mineral di dalamnya, baik alami atau buatan. Jadi secara umum kandungannyalah yang berbeda satu sama lain.

Sumbernya berbeda

Air putih biasanya didapatkan dari sumber seperti sungai, danau, atau sumber alami lainnya. Sedangkan air mineral didapatkan dari daerah yang kaya akan mineral. Artinya, tidak semua air dari berbagai sumber air bisa dianggap sebagai air mineral. Namun, air putih dari sumber yang tidak bermineral, masih bisa diubah menjadi air mineral dengan cara menambahkan nutrisi ke dalamnya.

Air mineral memiliki mineral dalam jumlah besar atau sedikit. Komponennya sendiri bermacam-macam, termasuk seng atau zinc, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Air mineral lebih banyak mengandung nutrisi

Dibandingkan dengan air putih biasa, air mineral merupakan sumber nutrisi yang baik dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Air mineral biasanya memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan air putih atau air biasa.

Beda harga

Air putih atau air biasa bisa kita dapatkan dengan biaya lebih ekonomis.  Itu karena kita bisa memasaknya sendiri di rumah sebelum meminumnya, sedangkan air mineral harus dibeli. Artinya, air mineral lebih mahal dibandingkan air putih atau air biasa. Kenapa lebih mahal? Karena air mineral melalui banyak proses sebelum akhirnya dikemas dan bisa dikonsumsi. Nah pengemasan itu juga yang membuat ongkos produksi air mineral lebih mahal.

Manfaat air mineral

Dibanding air putih biasa, air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena kandungan nutrisi dan gizinya. Berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Menurunkan berat badan

Air putih dan segala jenisnya, termasuk air mineral, tidak mengandung lemak dan kalori. Anda akan kesulitan menurunkan berat badan ketika anda minum soda dan jus yang manis rasanya dan memiliki banyak kalori. Ketika anda memilih minum air mineral, anda bisa menjaga jumlah kalori  sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.  

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Wanita yang telah menopause biasanya akan menderita tulang keropos dan merasa nyeri. Ini bisa diatasi dengan meminum air mineral secara teratur. Sebuah studi dalam jurnal ilmiah populer menemukan bahwa kalsium dalam air mineral sangat penting dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah berkembangnya penyakit tulang seperti osteoporosis.

3. Menurunkan tekanan darah

Air mineral mengandung magnesium. Magnesium ini memiliki peranan penting dalam menjaga tingkat tekanan darah normal. Sebuah studi menemukan bahwa pasien dengan hipertensi yang memiliki kadar magnesium rendah, ketika meminum 1 liter air mineral yang mengandung magnesium, tekanan darahnya menurun.

4. Menurunkan tingkat kolesterol LDL

Salah satu faktor terbesar yang membuat anda memiliki masalah jantung adalah kolesterol jahat atau LDL. Orang-orang yang minum air mineral secara teratur akan terhindar dari resiko masalah jantung. Karena kemampuan air mineral menurunkan kolesterol LDL. Kandungan lain seperti potassium dan magnesium juga membantu memperbaiki fungsi jantung.

5. Membantu pencernaan

Pencernaan kita juga akan terbantu karena air mineral. Ini disebabkan kandungan sulfat yang membantu kinerja pankreas untuk melepaskan enzim seperti amylase, protoase, dan lipase yang membantu pencernaan makanan dengan baik. Kadar sulfat rendah bisa menyebabkan kesehatan pencernaan terganggu, bahkan menyebabkan sembelit dan diare.

6. Menjaga kinerja otot

Air mineral kaya akan magnesium, sehingga ia membantu kinerja otot dan menjaganya. Ini disebabkan magnesium adalah mineral penting untuk tubuh yang membuat otot rileks dan berkontraksi dengan baik. Makanya ketika kita kurang magnesium otot kita terasa nyeri dan kram.

7. Menjaga keseimbangan elektrolit

Elektrolit merupakan garam (bicarbonate, klorida, potasium, dan sodium) yang mencegah dehidrasi dengan membantu sel tubuh menyerap air. Karena air mineral merupakan sumber terbaik elektrolit, maka ia akan membantu keseimbangan elektrolit dalam tubuh anda.

8. Mengurangi risiko batu ginjal

Para dokter merekomendasikan minum air mineral untuk membantu mencegah batu ginjal. Biasanya batu ginjal disebabkan oleh kalsium oxalate. Tapi ketika anda minum air mineral dalam jumlah kalsium dan magnesium tertentu, ia akan membantu mengurangi konsentrasi kalsium oxalate.

9. Menjaga kecantikan kulit

Air mineral memiliki jumlah silika yang tinggi sehingga memperkuat sel kenyal dan memperlambat pembentukan kerutan di kulit. Dengan meminum air mineral, membantu kulit anda tetap cantik dan kenyal.

Mengingat banyaknya manfaat air  mineral, jangan sampai anda kekurangan air ya, khususnya air mineral. Minumlah air mineral minimal 8 gelas perhari. Beragam merk air mineral di pasaran semakin memudahkan anda untuk memilih dan mengkonsumsinya.

Bijaklah memilih air mineral dalam kemasan. Pastikan air mineral yang anda pilih benar-benar aman dan telah terdaftar di BPOM. Jangan lupa selain mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang direkomendasikan, sangat disarankan agar anda menjaga kesehatan dengan makanan bergizi dan berolahraga. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir citra varia