5 Tips Ampuh Ajarkan Anak Matematika

Belajar matematika memang kerap kali dipandang sebagai sebuah hal yang sulit dan juga membosankan, terlebih bagi anak-anak.

Namun taukah Anda bahwa ternyata matematika sangatlah perlu untuk dipelajari dan juga  dimengerti. Sehingga cukup penting untuk memperkenalkan matematika kepada anak sejak dini.

Lalu bagaimana cara efektif mengajarkan anak matematika? Simak tips sederhana namun ampuh berikut ini:

1. Ubah mind-set mengenai matematika

Hal paling awal yang harus Anda lakukan ialah mengubah mind-set atau cara berpikir Anda mengenai matematika.

Jika selama ini Anda menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, maka ubahlah anggapan tersebut.

Mulai sekarang, Anda harus menganggap bahwa sebenarnya matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan untuk dipelajari oleh siapapun, termasuk anak-anak.

2. Kenali anak dengan angka

Mungkin saja Anda adalah orangtua yang tidak menguasai matematika tapi jangan tunjukkan di depan anak. Coba kenali mereka dengan angka dan mulailah berhitung dengan metode penambahan serta pengurangan. Ajari anak secara perlahan dan berusaha menjadi teman mereka saat berhitung.

3. Gunakan jari tangan dan kaki

Cara terbaik untuk memulai pelajaran matematika dengan berhitung adalah menggunakan jari tangan dan kaki. Ajak dia bermain dengan jari-jarinya dan mulai berhitung satu sampai sepuluh.

Setelah anak sudah mulai mengerti, beralihlah ke benda lain yang bisa dihitung, seperti buah-buahan, benda-benda di rumah, atau mainan si kecil.

4. Buat permainan

Buatlah permainan angka. Hal ini juga bermanfaat untuk mengajarinya penambahan dan pengurangan sebelum meningkat menjadi perkalian atau pembagian.

Misalnya, buat lingkaran di atas kertas dengan warna yang berbeda-beda sesuai usia mereka. Kemudian tulis jawaban dengan meletakkan angka di dalam lingkaran warna-warni. Minta anak menjawab soal matematika dengan memilih warna yang sudah berisi jawabannya.

5. Gabungkan matematika dalam kegiatan sehari-hari

Cara menyenangkan lain untuk mengajari anak matematika dengan mencampurkannya ke dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, ketika Anda memberinya beberapa coklat dan permen, coba minta anak menghitung jumlahnya. Kemudian lakukan penambahan atau pengurangan menggunakan coklat atau permen itu.

Anda juga bisa mengajari anak berhitung dengan bermain lego. Kenalkan anak dengan berbagai bentuk lego tersebut, misalnya balok, segitiga, atau lingkaran. Kemudian jelaskan bagian mana yang disebut sisi, panjang, lebar atau volume.

Nah mulai sekarang jangan malas mengajari anak matematika ya? 

Karena matematika akan menunjang karier anak anda di masa depan. Ingat, nyaris semua bidang kehidupan akan bersentuhan dengan angka-angka. [Tri]

astaga wanita pendidikan matematika tips belajar anak