5 Hal Agar Mata Tidak Lelah

Mata lelah bisa disebabkan banyak hal, terutama karena radiasi gadget ataupun monitor. Jika tidak diantisipasi dengan baik bisa mengakibatkan sindroma mata lelah.

Ilustrasi: Freeimages.com

Ini tidak cuma mengganggu penglihatan, tetapi juga memengaruhi kondisi tubuh. Saat mata harus bekerja ekstra dengan paparan sinar monitor ataupun layar telepon selama berjam-jam, tentu mata akan terasa tidak nyaman atau sakit, perih, panas, iritasi akibat mata yang kering, mengantuk, merah dan berair. 

Kondisi itulah yang dapat mempengaruhi pandangan sehingga penglihatan pun terasa buram, ganda, dan kemampuan melihat warna menurun. Guna mengurangi risiko terkena gangguan mata lelah, yuk perhatikan beberapa hal berikut.

1. Atur jarak 

Atur jarak aman sekitar 30-50 cm dari mata saat menatap layar gadget. Perhatikan juga posisinya, sebaiknya agak lebih rendah dari ketinggian mata, setidaknya bagian tengah layar gadget Anda antara 10-23 cm di bawah posisi mata. 

2. Pencahayaan ruang

Sebaiknya cahaya ruangan tempat Anda beraktivitas dengan gadget tidak terlalu terang maupun redup. Bila cahaya ruang terlalu terang akan membuat mata silau, sementara ruangan terlampau gelap dapat mempercepat kelelahan mata karena kontras cahaya layar gadget dengan ruangan sekitarnya jadi sangat tinggi.

3. Level pencahayaan layar

Atur seminimal mungkin karena itu memberikan pengaruh besar pada kontraksi mata.

4. Beri jeda

Biasakan untuk memberi waktu istirahat pada mata. Bila penggunaan telah berlangsung 20 menit, maka ladies bisa mengalihkan pandangan mata ke benda-benda lain yang berjarak enam meter. Jangan lupa untuk berkedip agar tidak menimbulkan mata kering. 

5. Obat tetes mata

Ladies bisa saja menggunakan obat tetes mata yang memiliki kandungan khusus untuk menyamankan mata dan menjaganya tetap lembap. Tapi jangan gunakan secara berlebih ya, karena hal itu bisa menimbulkan efek samping. Baca aturan pakai saat Anda hendak menggunakannya. 

Tips Kesehatan mata mata sehat