10 Trik Menghadapi Teman yang Suka Berhutang

Dalam pergaulan kita perlu berteman dengan siapapun, tak peduli latar belakangnya. Tentu tak semua teman berkarakter menyenangkan. Ada yang ramah, ada yang galak, ada yang acuh, ada pula yang perhatian.

google.com

Nah bagaimana jika kita menghadapi teman yang suka meminjam uang alias berhutang? Di sisi lain,  tentu kamu ingin membantu teman. Tapi di sisi lain jika terlalu sering meminjam tentu membuat pertemanan menjadi sangat tidak nyaman. Apalagi jika ia hanya suka meminjam tapi selalu lupa mengembalikan.

Lalu bagaimana menghadapi teman yang suka sekali berhutang namun sulit mengembalikan? 
Berikut 10 trik menolak meminjamkan uang:

1. Mengaku hanya punya uang pas-pasan

Katakan pada teman yang ingin berhutang kalau kamu tidak punya kelebihan uang. Kamu punya uang hanya pas-pasan untuk kebutuhan kamu dan tak ada uang lebih yang bisa dipinjamkan. Alasan ini biasanya paling ampuh dan mudah dipercaya orang lain. Tunjukkan betapa kamu juga sedang sangat membutuhkan uang. Dengan demikian dia tidak akan memaksa.

2. Menolak dengan sopan

Katakan tidak pada teman yang ingin meminjam uang, dengan cara yang sopan. Jangan pernah bersikap kasar dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas pada temanmu, apalagi sampai menjatuhkan harga dirinya. Hal itu dapat menyinggung perasaan dan merusak hubungan pertemanan  kamu dengannya.

3. Sedang banyak kebutuhan

Jelaskan bahwa kamu saat ini harus membayar aneka tagihan rutin. Seperti tagihan listrik, air, belanja bulanan, atau cicilan motor. Usahakan untuk tidak  menyebutkan bahwa kamu sedang ingin membeli barang yang sifatnya konsumtif seperti fashion ataupun gadget baru. Karena justru menyiratkan bahwa kamu punya simpanan uang berlebih.

4. Tawarkan bantuan selai uang

Sebagai rasa simpati, mungkin kamu bisa menawarkan bantuan lain. Misalnya menyarankan pinjam ke bank atau meminjamkan barang.

5. Tunjukkan perasaan bersalah

Menolak memberikan pinjaman tentu akan mengecewakan teman yang tengah membutuhkannya. Kamu harus siap menghadapi wajah masam atau sikap sinis darinya. Tunjukkan perasaan bersalah dan jangan lupa meminta maaf karena tidak bisa membantu.

6. Sarankan untuk menjual barang

Jika dia masih punya barang berharga misalnya perhiasan emas atau gadget, sarankan saja untuk menjualnya. Katakan kalau kamu akan melakukan hal yang sama jika membutuhkan uang.

7. Sedekah seikhlasnya

Daripada meminjamkan tapi beresiko tak dikembalikan, mungkin lebih baik memberikan dia uang tapi tak sebesar jumlah yang dia pinjam. Katakan saja, kamu memberi dengan ikhlas dan tak usah diganti. Anggap saja kamu sedekah bagi teman yang sedang keusahan. Sehingga kamu tak menunggu-nunggu ia mengembalikan hutangnya.

8. Sarankan pinjam ke kerabatnya yang mampu

Jika ia masih punya kerabat yang lebih mampu, sarankan saja untuk meminjam ke kerabatnya. Katakan saja, kerabat yang mampu tak akan membiarkan saudaranya kesusahan.

9. Katakan kalau uang kamu juga sedang dipinjam orang

Katakan padanya kalau uang kamu juga sedang dipinjam orang lain dan belum dikembalikan. Sehingga kamu tak bisa meminjamkannya uang. Sementara kamu juga sedang membutuhkan uang itu.

10. Menghindar

Kalau dia selalu memaksa jika meminjam uang dan mulai mengganggu ketenangan hidupmu, mungkin kamu harus menghindari pertemuan dengannya. Tak perlu takut kehilangan teman yang selalu jadi benalu.

Nah ladies sekarang sudah tahu kan apa yang harus kamu lakukan saat menghadapi teman yang mau berhutang? Ingat loh, menolak memberi pinjaman merupakan hak pribadi kamu. Karena setiap manusia punya kebutuhan masing-masing. Memberikan pinjaman juga sangat mulia tapi berikan pada orang yang tepat. [Tri]

astaga 10 trik teman berhutang