10 Tips Ampuh Mengatasi Kebosanan Terhadap Pasangan

Rasa jenuh dan bosan adalah hal yang wajar dialami manusia, termasuk dalam hubungan suami istri. Namun masalahnya, kejenuhan bisa memicu pertengkaran dan rasa tidak nyaman.

freepik.com

Rasa jenuh dan bosan adalah hal yang wajar dialami manusia, termasuk dalam hubungan suami istri. Namun masalahnya, kejenuhan bisa memicu pertengkaran dan rasa tidak nyaman. Jika dibiarkan, rasa jenuh bahkan bisa menjadi sumber ketidakharmonisan rumah tangga dan parahnya bisa menyebabkan perceraian.

Nah moms, jika kejenuhan melanda rumah tangga kalian, jangan dibiarkan ya. Tapi juga jangan diselesaikan dengan emosi. Langkah berikut mungkin bisa membantu.

1. Pikirkan penyebab kebosanan

Coba pikirkan terlebih dulu. Kenapa Anda merasa bosan dengan pasangan? Jangan sampai, Anda  terlalu sensitif dengan hal-hal yang tidak penting sehingga timbul rasa bosan atau mungkin saja kebosanan itu muncul karena perilaku Anda sendiri. Jadi, berkaca pada diri Anda sendiri dulu ya!

2. Buat rencana petualangan

Hal yang membosankan dari sebuah hubungan adalah karena merasa kehidupan bersamanya terasa sangat monoton. Lakukan hal yang tak biasa. Anda dan suami kesayangan bisa merencanakan petualangan seru yang tak terlupakan. Lakukan perjalanan outdoor. Mencoba arung jeram, hiking, skydiving,atau mungkin menjelajah desa terpencil di pelosok daerah bersama-sama. Dengan rencana seru ini, mungkin Anda bisa menghidupkan kembali perasaan bahagia buat diri sendiri dan untuk pasangan tentunya.

3. Jangan lupakan waktu untuk bersama

Kebosanan juga dapat muncul ketika kalian sibuk dengan dunia masing-masing. Anda dan suami harus punya waktu buat menghabiskan waktu bersama untuk saling bertukar cerita. Sediakan satu hari khusus buat kalian berdua, manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal yang menyenangkan, seperti saat pacaran dulu. Misalnya pergi nonton bioskop, makan malam, nonton konser musik dan banyak lagi. Intinya have a fun quality time.

4. Fokus dan sejenak lupakan gadget

Saat memiliki waktu berdua, cobalah perhatikan pasangan Anda. Pikirkan sisi baik yang ada pada dirinya. Ketika kalian punya waktu bersama, fokuslah pada pasangan.  Lupakan sejenak ponsel kalian, jangan sibuk sendiri dengan sosial media yang bisa bikin waktu kalian tak berkualitasHal ini juga berlaku untuk si hubby, minta dia  untuk tidak menyentuh ponselnya ketika sedang bersama istri tercinta.

5. Lakukan banyak hal yang bisa membuat kalian tertawa bersama

Moms, tahukan kalau tertawa adalah salah satu obat terbaik di dunia? Tertawa juga merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkuat ikatan Anda dengan orang-orang sekitar, termasuk dengan pasangan tersayang. Buatlah rencana untuk mendapatkan banyak tawa dengannya. Misalnya menonton film komedi, menonton pertunjukkan lawak atau humor, saling bercanda dan menceritakan lelucon atau hal lainnya yang membuat kalian tertawa lepas bersama.

6. Ingat momen yang membuat kalian bahagia

Cobalah ingat kembali peristiwa yang membuat kalian bahagia. Mungkin saja, kalian bisa menceritakan lagi masa-masa waktu kalian masih PDKT, ketika pertama kali saling mengenal dan saling jatuh cinta, saat mengikat janji suci pernikahan dan hal menyenangkan lainnnya. Dengan mengingat moment yang membahagiakan, bisa menambah energi bahagia dan mengatasi rasa jenuh.

7. Ingatlah orang-orang terdekat kalian

Saat hubungan kalian terasa membosankan dan penuh masalah, coba deh ingat orang-orang terdekat yang selalu mendukung hubungan kalian sejak dulu hingga kini. Misalnya sahabat, kerabat, saudara, atau orangtua. Mungkin saja mereka akan sedih kalau tahu hubungan kalian bermasalah. So, jangan sampai kebosanan membuat hubungan kalian hancur ya!

8.  Perbaiki komunikasi

Komunikasi menjadi kunci utama dalam setiap hubungan. Cobalah untuk berpikir kembali, apakah kalian akhir-akhir ini jarang berkomunikasi? Apakah tak ada lagi tawa ketika sedang bersama? Atau tak ada lagi cerita seru yang bisa diungkapkan saat berdua? Apakah ada sesuatu yang hilang dari hubungan kalian? So, sebelum menjadi masalah yang makin serius, Anda dan pasangan perlu memperbaiki komunikasi.

9. Second honey moon

Konon, ini merupakan cara ampuh untuk mengatasi kejenuhan dalam berumah tangga. Cobalah rencanakan bulan madu kedua. Pikirkan destinasi yang belum pernah kalian kunjungi. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Belakangan ini semakin banyak daerah tujuan wisata dalam negeri yang menarik dan romantis, cocok untuk melakukan second honey moon. Dengan cara ini pikiran lebih fresh, rileks dan mengembalikan kemesraan kalian yang sempat hilang.

10. Break

Jika sudah menempuh berbagai cara namun belum bisa  mengatasi kebosanan,  we think break is the last choice to resolve this problem. Dengan ‘break’ sejenak, kalian memiliki waktu masing-masing untuk introspeksi atas perjalanan hubungan kalian. Cobalah untuk menepi tanpa dia ke suatu tempat. Misalnya dengan mengunjungi kerabat di desa. Tapi tentu saja harus seijin dan sepengetahuan suami ya moms.

Cara ini juga menjadi cara yang akan membangkitkan rasa rindu terhadap pasangan. Biasanya setelah bertemu kembali, rasa bosan akan hilang dan hubungan akan terasa lebih fresh lagi.

Nah moms, bagaimana dengan hubungan kalian? Ingat ya moms, kunci awet dalam suatu hubungan adalah saling memahami dan menghargai. Pelajari dan cobalah untuk memahami  semua situasi yang kalian alami. Biasakan untuk saling terbuka mengenai perasaan masing-masing. Pikirkan segala keputusan bersama-sama sehingga tak akan ada penyesalan di kemudian hari. [Tri]

astaga 10 tips kebosanan hubungan pasangan tips ampuh