10 Perilaku Istri Yang Dapat Membuat Suami Tersinggung

Tak dapat dipungkiri, kesalapahaman seringkali memicu percikan-percikan pertengkaran dalam rumah tangga. Rasa saling tersinggung dan terusik harga diri tak jarang membuat keributan hebat.

freepik.com

Dalam hal ini bukan cuma wanita loh moms yang bisa tersinggung.
Para pria juga memiliki sisi sensitif yang kadang membuatnya meledak. Banyak faktor yang dapat membuat pria menjadi semakin sensitif bahkan mudah marah. Misalnya karena merasa lelah dengan masalah pekerjaan, belum dapat memenuhi kebutuhan keluarga dengan maksimal dan sebagainya. Ditambah lagi jika sikap istri yang tak mendukung dan tak menghargainya.

Lalu apa saja sih moms perilaku istri yang membuat suami semakin sensi dan mudah tersinggung? Simak 10 hal berikut ini ya!

1.Tidak merespon saran dan masukannya

Sudah sewajarnya, seorang suami ingin didengar dan direspon segala saran dan masukannya. Selama sarannya positif sudah sepatutnya istri merespon dengan baik dan menurutinya. Jika apa yang diungkapkannya hanya dianggap  angin lalu tentu dia akan sangat tersinggung dan merasa tidak dihargai.

2. Bertingkah cuek di depan umum

Seorang suami ingin diakui keberadaannya dimana saja ia berada. Jika Anda mengajaknya ke luar rumah lalu Anda bertemu teman-teman tanpa mengenalkan suami pada teman-teman Anda, tentu dia akan sangat tersinggung. Maka perkenalkan suami saat bertemu dengan teman, rekan kerja atau kerabat jauh, baik di acara hajatan, reuni atau pertemuan biasa.

Sikap cuek Anda di depan umum, atau bahkan tidak mengajaknya bicara sama sekali hanya akan menciptakan pertengkaran sesampainya di rumah.

3. Tidak berempati saat dia susah

Suami istri hendaknya selalu mendukung saat susah dan senang, dalam suka dan duka. Jika ia tengah terpuruk karena suatu hal, misalnya di phk dari pekerjaannya, jangan sekalipun meninggalkannya. Beri ia dukungan dan semangat. Jika Anda bersikap antipati atau bahkan meninggalkannya, tentu ia akan sangat kecewa dan semakin terpuruk. Bukan hanya tersinggung, tapi bisa jadi ia akan sangat marah ketika menyadari istrinya tak peduli dan hanya menginginkan kesenangan darinya.

4. Meremehkan pekerjaan dan penghasilannya

Apapun pekerjaan suami, berapapun penghasilannya,  sudah pasti ia ingin dihargai oleh istrinya.
Jika istri menyepelekan pekerjaan dan penghasilan suami, tentu suami akan sangat tersinggung dan terusik harga dirinya. Apalagi jika Anda membandingkan penghasilannya dengan penghasilan orang lain.

5. Membandingkan dengan pria lain

Pria mana yang tak tersinggung jika dibandingkan dengan pria lain? Tak ada satupun, termasuk suami Anda! Dari segi apapun suami tak ingin dibandingkan, baik fisik, materi, sikap, apalagi pekerjaan dan penghasilannya. Mungkin Anda membandingkan dengan maksud baik, agar suami termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik. Tapi apapun alasannya dia tidak akan pernah nyaman, tersinggung bahkan marah besar. So, hati-hati ya moms. Jika ingin memberi motivasi tidak perlu membandingkannya dengan pria lain yang Anda anggap lebih baik atau lebih sukses. Bersikaplah bijak dengan memilih kalimat yang santun.

6. Mengingkari janji

Jangan mudah berjanji jika Anda sulit menepatinya, meskipun untuk hal yang sepele. Misalnya Anda telah berjanji untuk meluangkan waktu di akhir pekan untuk memasak makanan favoritnya, tapi untuk suatu alasan Anda tidak melakukannya, tentu ia akan sangat kecewa dan tersinggung.
Karena jika Anda tak menepati janji, ia berpikir Anda menyepelekan apa yang telah disepakati sebelumnya. Maka usahakan untuk menepati janji yang telah Anda ucapkan.

7. Bersikap seolah sudah tidak tertarik pada suami

Sikap cuek, acuh dan dingin istri akan membuat suami sangat terusik harga dirinya. Karena pada dasarnya suami ingin selalu diperhatikan, diperlakukan dengan penuh cinta bahkan dimanjakan pasangannya. Sikap cuek mengesankan istri sudah tak tertarik pada suaminya. Jika dibiarkan hal ini akan mengarah pada pertengkaran hebat dan bisa berakhir dengan perpisahan.

8. Memberikan kesan istimewa kepada lelaki lain

Mungkin tanpa sengaja Anda memuji pria lain sebagai sosok yang tampan, mapan, bijak dan sebagainya. Kekaguman Anda pada pria lain, tentu akan membuatnya tersinggung bahkan sakit hati. Ingat moms, semua pria tidak akan pernah suka jika istrinya mengagumi pria lain secara bwrlebihan bahkan jika pria itu adalah ayah Anda sendiri. So, cukup dalam hati saja jika Anda mengagumi pria lain. Sebaliknya pujilah suami sebagai bentuk penghargaan padanya.

9. Menolak hubungan intim

Dengan berbagai alasan, kadang wanita menolak hubungan intim dengan suami. Tentu ini akan menimbulkan kekecewaan yang luar biasa pada suami. Apalagi jika suami memang benar-benar menginginkannya. Bukan hanya membuatnya tersinggung, hal ini juga bisa menimbulkan pertengkaran. So, pandai-pandailah membaca situasi ya moms. Jika suami terlihat tengah bergairah, persiapkan diri Anda untuk melayaninya. Kecuali tentu jika Anda sedang datang bulan, mau tidak mau suami harus lebih mengerti.

10. Kurang menghargai keluarga suami

Keluarga suami termasuk orangtuanya (mertua), saudaranya (ipar) sudah sepantasnya Anda anggap sebagai keluarga sendiri. Jangan sekalipun meremehkan keberadaan mereka, apalagi jika sampai terucap kata-kata yang bernada merendahkan, sudah pasti suami akan tersinggung berat. Sekalipun Anda tidak cocok dan tidak menyukai mereka, tetap hargai dan hormati mereka sebagai bagian dari keluarga besar Anda.

Nah moms, bagaimana dengan sikap Anda terhadap suami? Jika ingin rumah tangga langgeng, hati-hati bersikap ya moms. Intinya adalah saling menghargai, menghormati dan memahami posisi masing-masing. Jika ada hal yang kurang berkenan lebih baik dibicarakan baik-baik. Ingat ya moms, kebahagiaan dalam rumah tangga tidak terjadi begitu saja, tapi harus diusahakan dan diciptakan oleh suami istri. So, selamat berbahagia! [Tri]

astaga astaga wanita pasangan keluarga hubungan suami istri