10 Menu Sarapan Praktis, Sehat dan Bergizi

Sarapan adalah ritual penting yang sebaiknya tidak boleh dilewatkan.
Karena sarapan pagi yang berkualitas sangat membantu kita dalam menjalani aktivitas selama seharian.

pixbay.com

Namun karena berbagai alasan, banyak orang yang melewatkan sarapan pagi. Biasanya mereka beralasan terburu-buru dan tak mempunyai cukup waktu untuk sarapan pagi. Padahal tanpa sarapan pagi, Anda akan sulit konsentrasi dan sulit fokus beraktivitas.

Nah mulai sekarang  jangan melewatkan sarapan pagi ya moms. Usahakan agar semua keluarga dapat menikmati sarapan dengan baik. Berikut ini menu praktis sarapan pagi yang bisa disiapkan dalam waktu singkat.
Tak hanya praktis, menu makanan berikut juga memiliki kandungan gizi yang menyehatkan bagi tubuh Anda. 

1.  Keju dan apel

Cukup siapkan sebuah apel dan satu atau dua ons keju cheddar yang sebelumnya sudah Anda masukkan ke dalam kulkas.  Potong-potong apel dan keju tersebut menjadi potongan kecil, dan keduanya siap untuk disantap. Praktis, cepat dan kaya gizi bukan?

2.  Telur dadar atau orak-arik

Telur dadar atau orak-arik ini bisa dibilang merupakan menu andalan emak-emak dari jaman dulu hingga jaman now. Cara membuatnya cukup mudah, pecahkan 2 atau 3 butir telur ke dalam mangkok.  Tambahkan sedikit garam, lalu goreng telur tersebut di atas wajan.  Akan lebih nikmat dan sehat jika Anda menambahkan sedikit bawang merah, daun bawang, dan tomat ke dalam telur dadar tersebut. Makanlah bersama nasi putih hangat. Selain mudah dan cepat, telur mengandung sejumlah gizi untuk tubuh.

3.  Milkshake

Jika Anda termasuk orang yang sulit untuk mencerna makanan dalam bentuk padat di pagi hari, maka milkshake adalah pilihan yang tepat.  Membuatnya pun cukup mudah dan cepat, karena Anda hanya perlu memasukkan bahan-bahan yang tersedia ke dalam blender.  Selain itu, kandungan gizi dalam milkshake juga sangat bagus sebagai sumber energi di pagi hari.

Cara standar menyiapkan milkshake adalah dengan  memasukkan satu buah pisang dan 3 strawberry (bisa diganti dengan satu apel) ke dalam blender.  Tambahkan satu cangkir susu manis.  Jika ingin lebih enak, masukkan pula sesendok vanili dan madu. Tambahkan sedikit air dan gula, lalu blender hingga halus.

4.  Roti bakar

Menu ini juga sangat disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari, Selain enak dan praktis, juga sangat sehat.  Biasanya, menu ini banyak disajikan di negara-negara Barat sebagai sarapan favorit untuk mengawali hari yang panjang.  Proses pembuatannya pun sangat cepat dan mudah, apalagi jika Anda memiliki toaster atau mesin pembuat roti bakar.

Jika  tidak memiliki toaster, jangan khawatir.  Menu ini tetap bisa dibuat dengan mudah dan cepat.  Lumuri 3-4 tangkap roti tawar dengan margarin, susu, dan selai favorit Anda.  Panaskan satu sendok makan margarin di atas teflon, lalu letakkan roti tawar tersebut di teflon.  Bakar hingga warnanya kecoklatan. Lebih lengkap lagi jika Anda minum segelas susu hangat setelah mengkonsumsi roti bakar. Dijamin Anda penuh energi dan vitalitas sepanjang hari.

5.  Scrambled Tofu (tumis tahu)

Tahu merupakan salah satu bahan makanan bergizi.  Harganya pun murah, dan cara memasaknya juga gampang dan cepat sehingga sangat cocok digunakan untuk sarapan pagi. 

Cara menyiapkannya juga cukup sederhana. Hancurkan dua kotak tahu, giling hingga halus. Lalu masukkan gilingan tahu tersebut bersama dua butir telur ayam yang sudah dikocok. Tambahkan garam sesuai selera, lalu goreng hingga matang.  Akan lebih enak jika dimasak bersama irisan daun bawang dan ayam cincang. Makanlah bersama nasi putih hangat. Nikmatnya sangat terasa!

6.  Cappuccino dan biskuit

Kombinasi antara cappuccino dan biskuit di pagi hari benar-benar enak disantap. Kandungan kafein dalam kopi khas Italia ini bisa membuat Anda lebih siap dalam beraktivitas.  Biskuit yang berukuran kecil, berasa manis, dan tidak terlalu mengenyangkan juga cocok sebagai pengganjal perut untuk mengawali aktivitas anda hingga waktu makan siang nanti.

Saat ini, banyak cappuccino instan dalam berbagai merk yang bisa Anda beli, dan bisa dibuat hanya dengan cara menyeduh air panas.  Untuk biskuit, disarankan untuk memilih yang di atas atau di dalamnya terdapat potongan kacang-kacangan serta buah-buahan kering, agar terasa lebih nikmat dan lebih sehat.

7.  Nasi goreng

Nasi goreng adalah menu sarapan sepanjang masa dan menjadi andalan emak-emak jaman dulu hingga jaman now. Membuatnya pun sangat mudah. Bahkan banyak modifikasi dan kreasi yang membuat nasi goreng lebih nikmat. Agar lebih bergizi tambahkan suwiran ayam, telur orak arik atau sosis.

8.  Sereal

Sereal adalah salah satu resep praktis sarapan pagi paling populer di dunia. Makanan ini sangat sempurna karena mengenyangkan, memberi energi, dan bisa disiapkan dalam waktu kurang dari 5 menit. So, jika Anda termasuk orang yang suka terburu-buru, siapkan selalu sereal dan susu di kulkas.

Anda juga bisa memodifikasi sereal sehingga lebih lezat dan lebih bergizi.  Anda bisa mengganti susu dengan yoghurt vanilla.  Tambahkan juga sedikit kacang almond dan anggur atau kismis ke dalam sereal.  Jika perlu, tambahkan sesendok madu.

9.  Sandwich

Menu makanan ini tergolong sempurna untuk makanan pagi. Karena di dalamnya terdapat banyak bahan makanan yang mengadung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein dan berbagai vitamin. Untuk menyiapkannya pun cukup mudah dan praktis.

Untuk satu buah sandwich, Anda cukup menyiapkan dua buah roti tawar.  Di antara roti tawar tersebut, Anda bisa menyelipkan bahan-bahan seperti selembar keju cheddar, seiris bawang bombay, seiris tomat dan timun, seiris selada, serta telur rebus yang dipotong kecil.  Akan lebih bergizi jika ditambahkan sesendok kornet sapi.

10.  Fruit Salad (Salad Buah)

Salad buah adalah menu makan favorit di pagi hari karena praktis dan juga sangat menyehatkan.  Tak hanya itu, untuk menyiapkan menu makanan ini pun cukup mudah dan hanya memerlukan waktu singkat.  Yang lebih menarik lagi, Anda bisa membuat salad buah dalam jumlah banyak sekaligus, menyimpannya di kulkas, dan bisa Anda makan untuk 2-3 kali sarapan pagi.

Untuk membuatnya, Anda cukup memotong kecil-kecil buah apel, pisang, dan mangga.  Anda bisa menambahkan atau mengganti tiga buah tersebut dengan buah-buahan lainnya.  Campurkan buah tersebut dengan yoghurt, susu kental manis, dan sedikit madu.  Bisa pula menambahkan perasan lemon untuk sentuhan akhir menu ini. 

Nah moms, sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak sarapan ya?Ingat loh sarapan sangat penting untuk kesehatan, mencegah penyakit magh, menambah energi dan membuat Anda siap menghadapi tantangan. So, jadikan sarapan pagi sebagai ritual wajib bagi seluruh anggota keluarga ya!. [Tri]

astaga makanan sehat praktis sehat bergizi sarapan