10 Jajanan Terfavorit di Era 80-an

Konon, anak-anak yang paling berbahagia adalah anak-anak yang hidup di tahun 80 an. Selain karena belum ada gadget dan masih banyak area bermain, salah satunya so pasti karena jajanannya yang khas dan nikmat.

Di era 80 an ada banyak jajanan favorit anak-anak dan remaja saat itu. Apa saja jajanan tersebut? Yuk simak 10 jajanan terfavorit era 80 an berikut ini:

1. Es potong

Es potong ini sebetulnya sama dengan es lilin. Disebut es potong karena awalnya dibuat dalam bentuk panjang, kemudian baru dipotong-potong, seukuran 10 cm dan diberi tusukan sate di tengahnya untuk pegangan. Rasanya macam-macam, ada cokelat, vanilla, kacang hijau, kacang hitam, dan lain-lain. Es potong ini banyak dijual di sekitar Sekolah Dasar. Rasanya..wow, jangan ditanya..nikmat!

2. Coklat ayam jago

Coklat tipis dengan bungkus merah putih bergambar ayam jago ini, favorit banget di kalangan anak-anak di era 80-an. Bentuknya yang tipis membuat anak-anak tak cukup satu melahapnya.

3. Es tong-tong roti tawar

Es tong-tong ini dijual keliling oleh abang-abang di sekitar perumahan atau perkampungan. Cara penyajiannya, sepotong roti tawar dilipat dan es nya diletakkan di tengah lipatan roti tawar itu.

4. Permen gulali cetak

Ini jajanan super keren saat itu. Abang penjualnya bisa membentuk gulali dengan aneka bentuk yang imut-imut, bisa bentuk burung, bunga, kupu-kupu, mobil dan lain-lain. Warnanya biasanya merah atau oren, rasanya tentu saja legit.

5. Permen telur cicak

Permen ini berbentuk kecil-kecil dengan aneka warna, dalamnya berisi kacang. Disebut telur cicak, karena bentuknya yang menyerupai telur cicak. Permen ini banyak dijual di warung sekolah maupun dekat rumah. Anak-anak hampir selalu menyukainya.

6. Amplang kacang

Jajanan ini terbuat dari kacang yang dicampur dengan gula merah. Rasanya manis, legit dan nikmat. Jajanan ini bukan cuma disuka anak-anak, tapi juga digemari ibu-ibu jaman dulu dan suka dijadikan suguhan untuk tamu.

7. Rambut nenek

Camilan yang bentuknya mirip rambut ini rasanya manis, biasanya dimakan dengan biskuit yang tipis. Disebut rambut nenek karena bentuknya yang seperti rambut nenek-nenek, berwarna putih.

8. Water cokelat superman

Wafer coklat superman ini menjadi jajanan yang cukup ngehits di era 80-an. Wafer renyah dengan olesan coklat di antara tumpukan wafernya terasa nikmat dan sangat digemari anak-anak dan remaja saat itu. Bungkusnya berwarna oren dengan gambar superman terbang. Mendapatkannya pun mudah, karena banyak dijual di warung-warung dekat rumah.

9. Permen koin tipis

Permen berbentuk koin tipis dengan rasa manis asam ini banyak digemari anak-anak. Bungkusnya berwarna pink dan kuning. Sedangkan permennya berwarna coklat, berbentuk lingkaran tipis.  Sampai kini di beberapa supermarket masih menjual permen ini. 

10. Permen sugus

Siapa yang tak suka permen empuk, kenyal dan manis ini? Di era 80 an, rasanya hampir semua penggemar permen akan mengantongi permen sugus sebagai bekal ngemil. Permen sugus terdiri dari rasa jeruk, anggur, stroberi dan coklat.

Nah, kalau sudah nostalgia jajajan jadul, nggak bakal ada habisnya ya moms? Kita serasa kembali ke masa kanak-kanak yang bahagia dan penuh tawa. Oya, sebagian jajanan tersebut masih ada loh yang menjual di masa kini. Tapi rasanya tidak senikmat dulu. So, yang mana jajanan favorit Anda? [Tri]

astaga wanita wanita karir jajanan era 80-an jajanan favorit