10 Ide Renovasi Rumah yang Mudah dan Hemat!

Rumahku istanaku! Anggapan tersebut sama sekali tidak salah. Meski terkesan sedikit berlebihan tapi kenyataannya semua orang merasa bahwa rumahnya adalah istananya, sekalipun rumah itu sederhana.

Tak heran jika pemilik rumah selalu ingin menciptakan suasana rumah yang nyaman dan menarik. Salah satunya adalah dengan melakukan renovasi atau perbaikan rumah dalam jangka waktu tertentu.

Tapi, masalahnya biaya renovasi rumah tidaklah sedikit, mengingat  mahalnya biaya bangunan dan tukang.  Namun, kini tak perlu khawatir moms, berikut ini 10 inspirasi renovasi rumah dengan biaya yang terjangkau!

1. Tambahkan rak di dapur

Menambahkan rak penyimpanan tidak selalu mahal lho! Buatlah dengan memasang papan kayu dan dua buah tongkat dari stainless steel untuk dijadikan rel. Gunanya? untuk menggantungkan gelas-gelas kaca milik Anda!

Selain itu papan kayu yang di pasang pada dinding juga bisa Anda gunakan untuk meletakkan bahan serta bumbu-bumbu masak Anda. Murah, praktis dan terlihat kekinian.

2. Cat ulang perabotan

Mengecat ulang perabotan seperti lemari, rak buku, kitchen set akan membuat suasana rumah nampak baru.  Ganti warnanya sesuai warna kesukaan Anda. Dan,  Anda bisa merasakan perbedaannya.

3. Ubah warna pintu masuk

Pintu masuk rumah menjadi salah satu hal yang paling sering Anda lewati bukan? Setiap hari melihatnya, tentu Anda merasa bosan dan tentu saja ingin membuat nuansa baru untuk akses masuk ini. Anda bisa memperbarui warna cat pada pintu ini. Karena jika Anda melakukan perubahan bentuk, tentu membutuhkan biaya yang mahal. 

4. Renovasi lantai

Beberapa elemen harus diganti jika Anda ingin mengubah suasana rumah. Mengubah lantai dengan warna colat kayu yang terang akan membuat ruangan terlihat lebih terang dan luas. Kenyamanan juga akan muncul karena warna kayu juga memancarkan nuansa hangat pada sebuah ruangan.

5. Ganti cover sofa di ruang tamu

Memberikan perubahan-perubahan kecil pada ruangan bisa jadi mengubah pandangan Anda. Misalnya mengganti cover sofa ruang tamu dengan warna baru. Tak perlu membeli sofa baru, cukup dengan mengganti covernya sudah mengesankan nuansa baru. Untuk menambah kesan segar  tambahkan beberapa tanaman hias di ruang tamu.

6. Daur ulang

Menggunakan barang bekas untuk dijadikan barang bermanfaat lainnya adalah solusi cerdas untuk merenovasi rumah. Seperti misalnya menggunakan tangga bekas untuk membuat perpustakan mini dalam rumah Anda. Gunakan kreativitas Anda untuk melihat barang bekas menjadi sesuatu yang baru untuk dekorasi rumah.

7. Pencahayaan

Pencahayaan pada sebuah ruangan bisa jadi memberikan nuansa yang berbeda. Tambahkan hiasan pada lampu ruangan Anda agar terlihat cantik dan memberi efek pencahayaan yang indah. Coba dan lihat perubahan yang lebih cantik!

8. Tempatkan beberapa kotak penyimpanan

Kotak warna-warni dengan berbagai macam ukuran membawa nuansa baru pada kamar tidur si kecil. Bantulah mereka untuk meletakkan mainan mereka di sana. Biasakan juga si kecil untuk membereskan mainannya setelah selesai bermain. Warnanya yang mencolok membuat si kecil dengan senang hati membersihkan mainannya sendiri.

9. Rak modular

Mengubah ruangan tanpa mengeluarkan banyak biaya bukanlah hal yang tidak mungkin. Buatlah rak modular dari kayu untuk menyimpan hiasan sekaligus buku-buku Anda. Tempatkan rak pada sisi dinding yang polos. Selain menjadi tempat menyimpan, rak ini menambah kesan kekinian pada ruang keluarga loh!

10. Cat ulang sebagian dinding rumah

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk merenovasi rumah tanpa biaya yang besar, lakukan pengecatan ulang dinding rumah. Tak perlu seluruhnya, misalnya dinding ruang keluarga dan ruang makan. Pilih warna-warna cerah yang akan menyemarakkan suasana. Perubahan warna dinding akan mengesankan suasana baru dan fresh. Untuk menambah kesan baru, jika dana mencukupi tambahkan lampu gantung hias di atas meja makan.

Bagaimana moms, tertarik untuk mencoba? Intinya merenovasi rumah tidak harus selalu dengan biaya besar dan sesuatu yang baru. Cukup dengan sentuhan kreativitas, rumah Anda akan tampak baru dan nyaman. Selamat mencoba ! [Tri]

astaga 10 ide tips renovasi home rumah hemat