10 Destinasi Wisata Yang Menarik dan Wajib Kamu Kunjungi di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta memang istimewa. Sebagai destinasi tujuan wisata budaya, Yogyakarta yang akrab disebut dengan Jogja ini memang memiliki banyak aset wisata budaya yang menarik dan terpelihara dengan baik.

Ini terbukti dengan mudahnya dijumpai peninggalan sejarah masa lalu pada masa kerajaan Indonesia.

Berbagai tujuan tempat wisata di Yogja yang masih kental akan seni dan budaya Jawa memang menjadi ciri khas dari kota ini. Bahkan sekarang ini Yogya menjadi salah satu pusat pendidikan seni budaya tradisional Jawa yang terkenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga sampai ke manca negara.

Bahkan banyak wisatawan luar negeri yang ingin belajar dan memperdalam seni budaya Jawa seperti wayang, tari, seni musik gamelan, membatik dan lainnya.

Berikut adalah destinasi wisata di Yogyakarta yang sayang banget kalau kalian tidak kunjungi.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang adalah salah satu primadona wisata di sekitar Yogyakarta. Terkenal hingga ke berbagai belahan dunia, Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang paling besar di dunia. Berlokasi sekitar 40 km dari Yogyakarta, Candi Borobudur saat ini masih dikunjungi biksu yang berziarah, karena Candi Borobudur adalah sebuah monumen model dari alam semesta yang merupakan tempat suci. Candi Borobudur merupakan candi yang mempunyai relief dan patung Buddha terbanyak di dunia.

2. Desa Wisata Kalibiru

Salah satu tempat wisata alam di Yogya yang sedang naik daun adalah Kalibiru di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat Yogyakarta. Desa Wisata Kalibiru terkenal dengan pemandangan dari ketinggian yang indah. Mulai dari pemandangan Waduk Sermo hingga flying fox di atas bukit.

Satu yang wajib dilakukan adalah berfoto di sebuah pohon tempat flying fox. Sebuah latar datar seluas kurang dari 1 meter dibuat untuk tempat flying fox. Karena berada di ketinggian, pemandangan yang tersaji pun luar biasa indah. Di tempat inilah wisatawan biasanya berfoto dan hasilnya pasti cantik!

3. Gunung Api Purba Ngelanggeran

Gunung Api Nglanggeran merupakan tempat wisata di Yogya yang baru dikenal, sejak ditetapkan sebagai kawasan material vulkanik. Gunung ini terletak di kawasan Baturagung, di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl.

Untuk menaiki gunung ini dibutuhkan stamina dan semangat yang luar biasa. Pendakian paling pas dilakukan jika  cuaca tidak terlalu panas, cenderung mendung berawan.  Demi kelancaran, sebaiknya kamu memakai jasa pemandu untuk menaiki gunung ini.

Selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan cantik dari setiap sudut pandang, belum lagi di puncak gunung. Di sinilah pemandangan dari segala penjuru Gunungkidul terlihat dengan indah.

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta tidak hanya menjadi tempat tinggal raja, namun juga menjadi penjaga kebudayaan Jawa. Di sinilah pusat nadi kebudayaan yang telah ada sejak ratusan tahun silam. Di tempat ini kamu bisa belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya tetap dilestarikan di tengah laju perkembangan dunia. Hal inilah yang membuat Keraton Yogyakarta memberikan daya tarik tersendiri.

Untuk mencapai Keraton Yogyakarta ini, kamu bisa naik bus Trans Jogja rute 1A, 1B, 2A, 2B atau 3A, lalu turun di Halte Kantor Pos Besar atau Halte Ahmad Yani. Setelah itu, kamu dapat berjalan sebentar menuju Alun-alun Utara dan Keraton Yogyakarta.

5. Malioboro

Tempat ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik di Yogya. Di Malioboro, kita tak hanya akan menjadi wisatawan namun juga seperti menjadi warga Yogya. Malioboro adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk kamu yang gemar jalan kaki.

Di sepanjang jalan Malioboro kamu akan menemukan banyak sekali ruko-ruko yang menjual berbagai macam dagangan mulai dari kuliner, pernak-pernik, kaos oblong bertema Yogya serta berbagai hal menarik lain karya asli Jogja. Pengamen jalanan yang banyak beraksi di sepanjang Jl. Malioboro  semakin membuat suasana meriah. Jika kamu lelah,  kamu bisa duduk-duduk santai di Kawasan Nol Kilometer bersama wisatawan lain.

6. Puncak Kosakora

Kosakora merupakan puncak bukit yang menawarkan keindahan yang sangat menawan. Dari Puncak Kosakora kamu bisa melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise dan sunset diatas Puncak Kosakora.

Sebaiknya kamu datang ke objek wisata ini ketika pagi atau sore hari, saat sinar matahari tak begitu menyengat. Jika ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise bisa juga camping di Puncak Kosakora. Disana kamu bisa foto selfie kekinian.

7. Goa Pindul

Gua Pindul merupakan salah satu gua dari 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah. Panjang goa ini sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua adalah 4 meter, dengan kedalaman air sekitar 5-12 meter. Cara paling baik menyusuri Gua Pindul tentu saja Cave Tubing. Apa itu Cave Tubing?

Cave Tubing merupakan aktivitas menyusuri goa melalui sungai yang mengalir di dalamnya dengan memakai ban dan pelampung. Kamu akan mengapung di air menggunakan ban bukan perahu karet, kemudian menyusuri 3 zona yaitu zona terang, remang, dan gelap. Total sekitar 45-60 menit.

Aliran sungai yang sangat tenang menjadikan aktivitas ini aman dilakukan oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB. Oya, Goa Pindul nampaknya akan menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang mendunia.

8. Pantai Pok Tunggal

Pantai ini termasuk tempat wisata di Yogya terbaru yang menarik karena memiliki pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang dapat digunakan untuk kegiatan oleh raga pantai seperti volley pantai, treking tebing, sun set, makan malam romantis di tepi pantai.

Para wisatawan dapat menginap di pantai dengan tenda-tenda yang sudah disediakan. Pihak pengelola pantai Pol Tunggal Gunung Kidul sengaja tidak membangun bangunan untuk penginapan dengan alasan agar para wisatawan yang bermalam di pantai ini menggunakan tenda agar menyatu dengan alam.  Alamat dan lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata di Yogya yang murah meriah ini terletak di daerah perbukitan daerah Dlingo, Bantul. Hutan ini menawarkan kesejukan serta pemandangan yang jarang kamu temukan di tempat lain. Pohon-pohon pinus yang ditanam sekitar tahun 1985 di kawasan RPH Mangunan itu, kini tumbuh menjulang tinggi, membuat suasana adem dan sejuk.

Sekilas deretan pinus di hutan homogen ini mengingatkan kita pada lokasi-lokasi syuting film di luar negeri. Tak heran, tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding atau sekadar hunting foto. Puas berfoto, kamu juga bisa meneruskan perjalanan ke kebun buah Mangunan yang letaknya tak jauh dari lokasi ini.

10. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta tempo dulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum.

So ladies, ga perlu jauh-jauh ke luar negeri kan untuk mengisi liburan? Karena ternyata wisata lokal seperti di Yogyakarta banyak terdapat destinasi wisata yang unik dan menarik. Selain lebih hemat, kita juga sekaligus mempromosikan wisata dan budaya lokal yang luar biasa. [Tri]

astaga yogyakarta wisata daerah istimewa yogyakarta destinasi wisata jalan-jalan