10 Bahan Alami ini Membantu Meredakan Sakit Gigi

Ada yang bilang, "lebih baik sakit gigi daripada sakit hati". Benarkah demikian? Kalau boleh memilih lebih baik tidak keduanya ya moms! Karena kalau sudah merasakan sakit gigi, wow..sakitnya tak terbantahkan!

Anda yang pernah sakit gigi pasti tau dong bagaimana rasanya. Sakit gigi itu sangat bervariasi, dari nyeri ringan sampai nyeri berdenyut tak tertahankan di gigi atau sekitar rahang Anda, bahkan sampai ke telinga dan kepala.

Beberapa penyebab utama sakit gigi adalah gigi berlubang, gigi retak, gusi bengkak,  atau gangguan sendi rahang. Sakit Gigi juga timbul karena jarang menggosok gigi, sehingga kuman dan plak akan menumpuk dan menyebabkan gigi berlubang.

Nah, Anda yang sedang mengalami masalah sakit gigi dapat mencoba beberapa solusi alami untuk meredakan rasa sakit. Berikut ini 10 bahan alami yang bisa meredakan sakit gigi. Simak ya moms!

1. Lada dan garam

Campuran garam dan lada  bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi. Karena kedua bahan tersebut memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan analgesik.

Campur lada bubuk dan garam dengan jumlah yang sama lalu tambahkan beberapa tetes air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta langsung pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit. Lakukan setiap hari ini selama beberapa hari, hingga nyeri gigi reda.

2. Bawang putih

Penggunaan bawang putih juga dapat memberikan pertolongan  untuk meringankan sakit gigi. Bawang putih memiliki sifat antibiotik  yang sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit.

Campur bawang putih yang telah dihaluskan (atau bubuk bawang putih) dengan sedikit garam, lalu oleskan langsung pada gigi yang nyeri. Cara lainnya, Anda bisa mengunyah satu atau dua siung bawang putih untuk meringankan rasa nyeri. Ulangi pengobatan alami ini selama beberapa hari.

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan dan sifat anestesi yang membantu mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi. Giling cengkeh hingga halus. Campur dengan minyak zaitun atau minyak sayur dan oleskan pada gigi yang sakit.

Cara lainnya adalah dengan mengoleskan bola kapas ke dalam minyak cengkeh dan gosokkan langsung pada gigi yang sakit. Bisa juga Anda mencampur beberapa tetes minyak cengkeh dalam setengah gelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

4. Bawang merah

Bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat mengontrol sakit gigi. Hal ini dapat membantu mengurangi  rasa sakit dengan membunuh kuman yang menyebabkan infeksi. Kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit untuk mengurangi rasa sakit. Jika Anda tidak dapat mengunyahnya, letakkan sepotong bawang merah mentah langsung pada gigi yang sakit.

5. Teh hijau

Zat antioksidan pada teh hijau  bisa mengendalikan peradangan pada gigi berlubang serta mengusir bakteri pada mulut dan gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Sedangkan zat anti-inflamasi dalam teh hijau, berkhasiat mencegah sakit gigi dan berbagai masalah gigi dan mulut lainnya.

Selain itu, kandungan fluoride alami tidak hanya terdapat pada pasta gigi. Tetapi juga terdapat dalam teh hijau. Flouride adalah zat yang merawat kesehatan gigi dan mulut. Zat tersebut mampu menghentikan aktivitas bakteri dalam mulut yang memproduksi zat asam untuk melubangi gigi. Kandungan fluoride yang tinggi dapat meredam rasa ngilu dan nyeri saat sakit gigi. So, saat sakit gigi minumlah segelas teh hijau hangat.

6. Air garam

Segelas air garam hangat dapat membantu meredam sakit gigi.
Campur setengah sendok garam kedalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur-kumur hingga beberapa menit. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, dan juga melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

7. Daun jambu biji

Kandungan anti-inflamasi, analgesik dan antimikroba daun jambu biji segar juga dapat meringankan sakit gigi. Caranya cukup mengunyah satu atau dua daun jambu hingga halus, kemudian buang kunyahan itu.

Cara lain adalah dengan merebus 4-5 daun jambu biji dalam air hingga mendidih. Biarkan larutan air sampai hangat, lalu tambahkan garam. Gunakan resep ini sebagai obat kumur.

8. Ekstrak Vanilli

Ekstrak vanili dapat membantu meringankan rasa nyeri pada gigi. Karena vanilli memiliki efek penenang.

Celupkan kapas dalam ekstrak vanili dan oleskan pada daerah gigi yang sakit.Lakukan ini beberapa kali sehari sampai sakit gigi reda.

9. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang disertai gusi bengkak.  Caranya juga mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis. Peras dan tampung  pada sebuah wadah. Kemudian, tambahkan air hangat pada perasan jeruk nipis. Aduk  hingga merata, kemudian berkumurlah dengan air tersebut.

Tapi, jangan sampai air tertelan ya. Karena mengandung banyak bakteri dari gigi berlubang. Lakukan cara ini secara teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

10. Batu es

Es batu dapat membantu meringankan sakit gigi dengan mematikan ujung saraf. Bungkus es batu kecil dengan kain katun tipis. Tahan di pipi dekat gigi yang sakit selama beberapa menit.

Ingat ya moms, cara tradisional ini merupakan pertolongan sementara pada sakit gigi. Jika sakit gigi tak kunjung reda, Anda tetap harus konsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan penangangan yang lebih tepat.

Untuk mencegah sakit gigi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi. Sikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam menjelang tidur. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu sakit gigi, seperti makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu dingin atau panas. Periksakan gigi Anda dan keluarga ke dokter gigi minimal setahun sekali. Dengan gigi sehat, senyum pun memikat! [Tri]

astaga bahan alami sakit gigi meredakan kesehatan info alami herbal