Ussy Sulistiawati Makin Eksis di Bisnis Kecantikan

Siapa yang tak kenal artis cantik Ussy Sulistiawati? Artis yang mengawali kariernya sebagai model dan bintang iklan ini, kini semakin serius menggeluti bisnis kosmetik.

Siapa yang tak kenal artis cantik Ussy Sulistiawati? Artis yang mengawali kariernya sebagai model dan bintang iklan ini, kini semakin serius menggeluti bisnis kosmetik. Mengusung Brand Dissy , Ussy semakin dikenal sebagai artis sekaligus entrepreneur sukses.

Ditemui saat grand opening gerai Lunadorii di Pasific Place, Jakarta, yang merupakan platform kosmetik merek lokal, Ussy mengaku senang dengan banyaknya pelaku pasar dan masyarakat yang makin menghargai produk lokal.

" Saya senang banget produk Dissy ini bisa naik pangkat dan bisa ada di mal. Sebelumnya Dissy hanya bisa didapat di pasar tradisional seperti Pasar Baru dan Tebet. Ini merupakan salah satu cara produk lokal naik kelas dengan adanya Lunadorii," kata Ussy, Jumat (18/8).

Harga terjangkau

Istimewanya, meski produk lokal Dissy sudah masuk ke mal mal bergengsi, tapi harganya tetap terjangkau. Ini tentu saja cukup menggembirakan pecinta kosmetik lokal.

Istri dari host papan atas Andika Pratama ini mengaku fokus di dunia kecantikan sejak tahun 2014. Nama Dissy sendiri merupakan singkatan dari nama Andika dan Ussy. Awalnya ingin diberi brand 'Ussy' sesuai dengan namanya. Namun karena ada andil sang suami, Andika Pratama, maka jadilah nama Dissy.

"Justru ide awalnya dari Andika, karena dia pernah jadi brand ambasador produk perawatan kulit. Jadi dia banyak belajar tentang produk kecantikan, termasuk kenyataan bahwa keuntungan berbisnis di bidang ini memang cukup menggiurkan", jelas Ussy sambil tersenyum manis.

Ussy mengaku, bersama suami memikirkan semua elemen Dissy dari nol mulai dari desain kemasan, logo, kandungan produk, jenis produk. Bahkan tidak tanggung-tanggung, sebelum dilempar ke pasaran, mereka sudah lebih dulu mencoba produknya sendiri.

Produk pertama mereka adalah sabun dan body lotion (tiga varian; kiwi, mangga, dan strawberry) dengan jumlah produksi masing-masing 1.000 buah. Namun sayang, ketenaran nama keduanya tidak menjamin banyak toko berani mendistribusikan produk mereka.

Alasannya banyak, mulai dari kurangnya varian, hingga takut dikira produk abal-abal yang mengatasnamakan artis.

Walaupun sempat galau terkait pemasaran, akhirnya mereka mencoba memasarkan via online (instagram). Tak disangka Dissy  malah laris manis dalam waktu singkat. Penggemar Dissy pun terdiri dari berbagai kalangan seperti mahasiswi, ibu rumah tangga, karyawati, sampai rekan-rekan artis.

80 item

Melihat intensitas pasar yang lebih condong ke arah make up, maka Dissypun mulai memperluas cakupan bisnis dengan mengeluarkan produk lipstik; natural nude, matte, dan melted lipstick. Bedak, blush on, BB Cream dan nail polis juga tersedia. "Sampai saat ini Dissy terdiri dari 80 item from top to toe, produk kecantikan dari ujung rambut hingga kaki", tambahnya.

Hingaa saat ini Dissy telah memiliki puluhan karyawan, ratusan reseller dan puluhan distributor hingga ke seluruh Indonesia.

Dengan adanya gerai Lunadorii, Ussy optimis produknya akan semakin maju dan berkembang. Wanita beranak empat ini tak mengkhawatirkan banyaknya pesaing yang juga menggeluti bisnis serupa. "Bagi saya persaingan justru membuat kita makin kreatif, dalam menghasilkan produk yang berkualitas. Dalam waktu dekat kami akan mengeluarkan produk untuk teen atau remaja loh", pungkasnya. [Editor: Tri Meinarni]

bisnis artis