Tips Sukses untuk Reseller Pemula

Saat ini menjadi reseller bisa menjadi alternatif yang menguntungkan bagi anda yang ingin menambah isi kocek. Bisnis ini tergolong mudah karena bisa dilakukan oleh siapapun. Baik ibu rumah tangga, mahasiswa, atau wanita pekerja.

Kategori bisnis reseller yang bisa dijalankan pun beraneka ragam. Mulai dari pakaian, tas, sepatu, dan produk kecantikan, sampai obat-obatan. Meski terdengar mudah, bagi pemula, bisnis yang satu ini mungkin sedikit sulit untuk dijalankan.

Apalagi jika belum memiliki pengetahuan dan jaringan yang luas dalam memasarkan produk. Sebelum benar-benar menjadi reseller, coba simak tips di bawah ini :

# Kenali produk

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali produk. Lihat apakah produk yang dimiliki memiliki peluang yang besar untuk berkembang atau tidak. Jika memilih untuk menjadi reseller pakaian, maka anda harus siap untuk bersaing ketat dengan yang lainnya karena reseller yang satu ini sudah sangat banyak.

# Popularitas brand

Lihat berapa banyak brand tersebut dikenal oleh masyarakat. Semakin populer brand tersebut, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk membelinya. Sehingga usaha akan semakin berkembang. Tapi jika suatu produk belum popular, mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri bagi anda, untuk membuatnya laku di pasaran.

# Bandingkan produk

Sebelum memutuskan untuk bergabung, anda perlu mengamati dan membandingkan produk sejenis. Pelajari produk mana yang lebih unggul. Mungkin anda bisa memilih reseller dari produk yang lebih unggul.

# Profil perusahaan

Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa reseller bagi yang berminat. Untuk itu anda harus teliti. Hati-hati karena ada saja perusahaan yang bermaksud untuk menipu para reseller-nya.

Untuk memastikan apakah perusahaan tersebut terpercaya, Anda bisa melihat bagaimana tanggapan atau komentar reseller lainnya yang sebelumnya telah bergabung.

# Sistem pelayanan

Anda perlu memastikan berapa lama jam support online yang disediakan oleh perusahaan tersebut, apakah layanan konsumen buka setiap hari.  Ketahui bagaimana sistem pengirimannya. Jangan lupa untuk mengamati bagaimana respon pasar terhadap pelayanan yang diberikan.

# Pasarkan produk

Setelah anda memutuskan bergabung menjadi reseller suatu produk, mulailah untuk memasarkannya. Gunakan sosial media untuk memasarkan produk.

Sosial media cukup efektif untuk  memperkenalkan sekaligus mempromosikan suatu produk. Sebut saja facebook dan instagram.  Kedua media sosial ini sangat populer sebagai lahan untuk mengembangkan usaha dan memaksimalkan keuntungan.

Hal yang perlu dilakukan untuk memasarkan produk adalah membuat akun khusus untuk online shopping anda. Kalau ingin lebih mudah, anda bisa langsung memanfaatkan akun pribadi untuk memasarkan produk tersebut.

# Menjalin relasi

Menjalin relasi sangatlah penting terutama dalam berbisnis. Manfaatkan relasi atau hubungan pertemanan anda. Bisa juga anda mengajak kerabat atau saudara untuk ikut membantu memasarkan produk yang anda jual. Agar sahabat atau kerabat anda tertarik, tawarkan komisi yang akan dia dapatkan setiap kali berhasil menjual satu produk.

Kerja keras, relasi, semangat pantang menyerah dan kepercayan adalah kunci sukses dari sebuah bisnis. Apapun jesnis bisnisnya. Maka lakukanlah yang terbaik..[Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir bisnis usaha reseller tips